Kamis, 15 November 2018
Gaya Hidup

Empat Daerah ini Punya Cara Unik untuk Menikmati Kopi

Empat Daerah ini Punya Cara Unik untuk Menikmati Kopi ILUSTRASI: Cara menikmati kopi. (FOTO: acehkita)
Jum'at, 14 September 2018 - 16:35

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejak dulu Indonesia telah dikenal dengan kekayaan hasil buminya. Tanah yang subur membuat banyak tanaman bahan pangan tumbuh di negeri ini. Temasuk kopi, bahkan The Telegraph menuliskan Indonesia penghasil kopi terbesar ke 4 setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Suburnya tanaman kopi di Nusantara, membuat warga setempat memiliki cara unik untuk menikmati kopi. 

Kopi Khop Aceh

Saat Anda berkunjung ke Aceh, coba sempatkan diri untuk mencicipi secangkir kopi khop yang unik ini. Disajikan dengan cara membalikan wadah kopi di atas piring kecil, Anda bisa menyeruput kopi yang tumpah di piring kecil itu atau meminumnya dengan sedotan. Slurp!

Kopi Joss Jogja

Namanya yang sudah dikenal luas ini didapat dari bunyi arang ketika dimasukan ke dalam gelas berisi kopi. Di Jogja, kopi ini sendiri begitu populer sehingga menjadi minuman wajib coba bagi para pelancong. Arang yang membara dari tungku api dicelup ke dalam gelas… joss!

Kopi Rarobang Ambon

Ambon memang bukan daerah penghasil kopi di Indonesia, tapi Ambon punya kopi Rarobang yang menjadi minuman khas daerah ini. Cara masyarakatnya menyajikan kopi Rarobang ini adalah dengan mencampur rempah-rempah ke dalam rebusan kopi yang kemudian disaring. Irisan kacang kenari lalu ditambahkan saat disajikan ke dalam cangkir atau gelas berisi kopi tersebut.

Kopi Kawa Daun Bukittinggi

Bukittinggi di Sumatra Barat juga punya Kopi Kawa yang sama-sama unik, karena kopi kawa daun ini asalnya bukan dari biji kopi, melainkan daun kopi yang disangrai. Sejarahnya, dulu di zaman kolonial, warga pribumi dilarang menikmati minuman seduhan biji kopi ini, sehingga mereka berkreasi dengan menyeduh daunnya. Menyajikannya pun bukan dengan gelas atau cangkir, tapi dengan batok kelapa!

Anda sudah coba yang mana? 

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration