Senin, 17 Desember 2018
Gaya Hidup

Awas, Jangan Terlalu Sering Membersihkan Anggota Tubuh ini

Awas, Jangan Terlalu Sering Membersihkan Anggota Tubuh ini ILUSTRASI: Membersihkan telinga. (FOTO: Kawaii Beauty Japan)
Jum'at, 14 September 2018 - 13:14

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kebersihan anggota tubuh seakan menjadi kewajiban bagi kita agar selalu nampak bersih, segar dan wangi. Bahkan membersihkan anggota tubuh juga dinilai sebagai salah satu cara agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Namun tahukah Anda, ternyata tidak semua anggota tubuh boleh dibersihkan terlalu sering?

Ya, telinga, vagina, rambut dan sel kulit mati ternyata tidak dianjurkan untuk terlalu sering dibersihkan.

Mengapa? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari womentalk

1. Telinga
Ini pasti sudah sering Anda dengar, namun masih kerap diabaikan. Memakai cotton bud bukannya membersihkan kotoran, justru membuatnya makin masuk dan menumpuk. Telinga kita punya sistem pembersihannya sendiri, karena itu bersihkan saja sisi luar telinga setiap habis mandi dengan handuk lembut.

2. Sel kulit mati
Eksfoliasi memang bermanfaat untuk meluruhkan sel kulit mati, namun jika terlalu sering efeknya bisa seperti ketika kita salah memilih skin care, misalnya kulit kering hingga iritasi. Karena itu, sebaiknya batasi eksfoliasi kulit sebanyak dua kali saja dalam seminggu.

3. Vagina
Sama seperti telinga, vagina kita juga memiliki sistem pembersihannya sendiri. Membasuhnya dengan sabun terlalu sering justru akan menghilangkan keseimbangan flora alami vagina yang akan berpengaruh pada kesehatannya. Cukup basuh dengan air hangat setiap mandi saja ya dan pastikan untuk menjaganya agar tidak lebih lembap!

4. Rambut
Sering-sering mencuci rambut bukan membuatnya lebih bersih, tapi malah membuatnya kehilangan kelembapannya. Akibatnya rambut menjadi kering dan mudah rusak. Jadi, keramas dua hari sekali saja sudah cukup untuk menjaga minyak alami rambut.

Ingat ya, mulai sekarang jangan terlalu seing membersihkan anggota tubuh tersebut. Alih-alih bersih, hal itu justru akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. (*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration