Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia

Dari Desa untuk Indonesia: BUMDes Berkah Sejahterakan Desa Barbal nan Terpencil

Jumat, 14 September 2018 - 10:08 | 86.80k
Usaha warga melalui BUMDes Berkah Desa Balbar, di Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (FOTO: kemendes pdtt for TIMES Indonesia)
Usaha warga melalui BUMDes Berkah Desa Balbar, di Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. (FOTO: kemendes pdtt for TIMES Indonesia)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, MANADO – Spirit Dari Desa untuk Indonesia tercermin dari Maluku Utara. Tepatnya di Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan. Desa ini sukses mengembangkan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Naanya BUMDes Berkah Desa Balbar.

Menuju desa di kepulauan ini memang cukup sulit. Dari Pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate menuju Pelabuhan Sofifi di Tidore Kepulauan dengan menggunakan speedboat. Perjalanan dilanjutkan dengan bentor. Sekitar 60 menit dari pelabuhan, Desa Balbar sudah terlihat. 

Dilansir dari Laman Kemendes PDTT, ada pemandangan yang kurang sedap selama perjalanan. Sampah plastik begitu mudah ditemui di kota Sofifi menuju Desa Balbar. Sementara Sofifi adalah pusat kota dan pemerintahan. Meski sepi, Sofifi menjadi gerbang awal untuk masuk ke daerah lainnya. Baik di pinggir jalan maupun selokan kering, sampah berserakan tanpa ada usaha untuk membersihkan. Bukan hal yang menguntungkan.

Namun kondisi ini dilihat berbeda oleh Kepala Desa Balbar, Amir Abdulloh. Bersama Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah, Mohammad Imam, dirinya berinisiatif mencari cara agar sampah menjadi berkah.
“Di sini sampah plastik berhamburan. Kita sama-sama mengatasi sampah dan mengolahnya menjadi biji plastik,” ujar Amir.
Amir mengungkapkan, dirinya memulai inisiatif tersebut mulai 2015 lalu. Saat itu, sambungnya, dana desa yang diperoleh Desa Balbar digunakan untuk pelatihan dan peningkatan kapasitas pengolahan sampah. Hal tersebut merupakan upaya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

“Awal dana desa bergulir pada tahun 2015. Pada waktu itu saya fokus pada bagaimana membentuk kelompok-kelompok usaha. Kemudian tahun berikutnya bagaimana bekerjasama dengan Balai Latihan dan Kerjasama (BLK) untuk pelatihan dan peningkatan skill ibu-ibu dan pemuda. Ini dilakukan sebagai usaha untuk pemberdayaan ekonomi,” tambahnya.

Melalui musyawarah desa, pada Januari tahun 2018 lalu masyarakat sepakat membentuk BUMDes Berkah dengan suntikan modal awal sebesar Rp 290 juta. Tata kelola sampah pun kini dipegang oleh BUMDes Berkah. Direktur BUMDes Berkah, Mohammad Imam mengatakan, masyarakat meyakini dengan adanya pembentukan BUMDes maka pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi akan semakin optimal.

“Kita berembug lihat peluang. Sampah-sampah di sekitar Maluku Utara belum tertata, kita buat terobosan untuk mengolah limbah plastik. Dengan melihat sampah-sampah di Sofifi kita jadikan peluang usaha. Kita ambil contoh dari Youtube bagaimana sampah dikelola dengan baik. Ini sekaligus mengedukasi masyarakat  bahwa sampah perlu diolah. BUMDes pun dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan,” ujar Direktur BUMDes Berkah Mohammad Imam.

Saat ini, BUMDes Berkah mempunyai 20 anggota. Mereka merupakan para pengangguran di Desa Balbar. Jumlah mesin masih terbatas. Saat ini BUMDes Berkah hanya memiliki satu mesin dengan kapasitas cacah hingga 3 ton dalam satu hari kerja. Dalam satu bulan, mereka dapat menghasilkan 14 ton untuk setiap satu kali kirim ke perusahaan di Bekasi atau kabupaten lainnya.

“Keuntungan bersih sekitar 20 juta/ bulan. Dalam satu minggu bisa menghasilkan 100 kg. Disini yang bekerja kebanyakan dari kaum ibu-ibu yang menganggur. Dengan adanya usaha ini mereka dapat penghasilan Rp200ribu/ minggu. Kendala kami saat ini adalah kurangnya bahan baku dan angkutan,” tutur Imam. 

Sebagai alternatif pasokan bahan baku, BUMDes Berkah bekerjasama dengan BUMDes sekitar yaitu BUMDes Borero Desa Ampera dan BUMDes Garomajang Desa Garojo. Mereka dapat mensuplai kebutuhan BUMDes Berkah. Setiap kilogram sampa akan dibeli oleh BUMDes Berkah seharga Rp1.500. Sementara kedua BUMDes tersebut mengambil dari masyarakat dengan harga Rp1.000. 

“Ke depan akan mengembangkan menjadi sebuah industri dan menyerap tenaga kerja. Kami juga akan menciptakan branding dengan desa-desa lain. Selain dengan dua BUMDes, kami juga bangun jaringan dengan kabupaten lain seperti Jailolo dan pulau-pulau terdekat. BUMDes Berkah sebagai distributor sampah plastik. BUMDes lain sebagai pemasok bahan baku. Perusahaan air mineral akan menjadi mitra kami,” ungkap Imam optimistis.

Kreativitas BUMDes Berkah Desa Balbar membangkitkan geliat perekonomian di Sofifi. BUMDes lain di desa tetangga pun terdorong untuk saling bekerjasama. Tidak hanya menjadi lapangan pekerjaan baru, hadirnya BUMDes juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Inilah spirit Dari Desa untuk Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Kemendesa‎

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES