Selasa, 13 November 2018
Wisata

Masjid Sultan Agung Batu Bakal Dipoles Jadi Masjid Wisata

Masjid Sultan Agung Batu Bakal Dipoles Jadi Masjid Wisata Masjid Sultan Agung yang akan dipoles menjadi Masjid Wisata untuk melengkapi sarana prasarana wisata di Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Jum'at, 14 September 2018 - 09:37

TIMESINDONESIA, BATUMasjid Sultan Agung Batu milik Yayasan Muslim Pancasila di Jl Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Batu, akan dipoles menjadi masjid wisata.

Pemkot Batu bekerjasama dengan Kementerian Agama akan menyulap Masjid ini menjadi Masjid Wisata yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk beribadah.

Direncanakan tahapan program ini akan dimulai tahun ini dengan menyiapkan anggaran untuk perencanaan program lewat Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2018.

“Kita akan meminta ijin terlebih dahulu kepada Yayasan Muslim Pancasila, apakah boleh Masjidnya direnovasi tanpa merubah bentuk aslinya , baru nanti kita bekerjasama dengan Kemenag, “ ujar Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Sebagai Kota Wisata, Kota Batu membutuhkan sarana peribadatan yang bernuansa wisata. Masjid Sultan Agung sangat cocok untuk dijadikan Masjid bernuansa wisata ini.

Selain memiliki lahan parkir yang luas, Masjid ini berada di dekat banyak obyek wisata dan hotel. Masjid ini pun berada dipinggir jalan provinsi yang menghubungkan antar kota.

“Nanti didesain yang bagus, Kemenag akan dibantu dengan pemkot batu. Dengan inovasi Kemenag yang baru dengan bekerjasama dengan UMKM ditempat ini bisa juga untuk penataan PKL agar tidak semrawut," ujar Punjul.

Saat ini wisata andalan bukan hanya wisata alam atau buatan saja, namun juga wisata religi dan Kota Batu memilikinya. Mulai dari Pura Luhur Giri Arjuna yang ramai dikunjungi wisatawan dari Bali, Vihara Dhammadipa Arama yang ada Pagoda dan Patung Budha, serta Gereja Gembala Baik yang ada Patung Yesus Kecil dan Bunda Maria satu-satunya di Indonesia. Sebentar lagi Masjid Sultan Agung Batu juga jadi masjid wisata. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration