Peristiwa Nasional

Ini Materi Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Jumat, 14 September 2018 - 11:25 | 124.56k
ILUSTRASI: Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2018. (FOTO: sematan)
ILUSTRASI: Ujian Seleksi Penerimaan CPNS 2018. (FOTO: sematan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peraturan Menteri PANRB ini menegaskan, pelamar Penerimaan CPNS 2018 dapat mengikuti seleksi apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seleksi administrasi ditetapkan oleh Panitia Pelaksana Seleksi CPNS instansi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Seleksi administrasi akan dilakukan secara online sesuai dengan pendaftaran. Sedang materi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS meliputi, 1) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); 2) Tes Inteligensia Umum (TIU); dan 3) Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Pelaksanaan pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).” Demikian bunyi lampiran Peraturan Menteri PANRB itu.

Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi yang dinyatakan lulus SKD, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi Pembina jabatan fungsional dan diintegrasikan dalam bank soal CAT Badan Kepegawaian Negera (BKN).

Sedangkan materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, menggunakan soal SKB yang rumpunnya bersesuaian dengan Jabatan Fungsional terkait.

“Materi SKB pada Instansi Pusat selain dengan CAT dapat berupa: tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan, psiko tes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan,” bunyi lampiran Peraturan Menteri PANRB ini.

Ditegaskan dalam Peraturan Menteri PANRB ini, pelaksanaan SKB di masing-masing instansi menjadi tanggung jawab Panitia Seleksi CPNS Instansi pada Penerimaan CPNS 2018. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES