Gaya Hidup

Wah, Arang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Lho!

Jumat, 14 September 2018 - 06:18 | 45.32k
Ilustrasi - Menafaat arang untuk kecantikan kulit (FOTO: Windowozzz/7-themes.com)
Ilustrasi - Menafaat arang untuk kecantikan kulit (FOTO: Windowozzz/7-themes.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Arang aktif atau activated charcoal menawarkan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Arang aktif dapat menarik minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya dari pori-pori tersumbat karena adanya kekuatan dari adsorpsi atau proses penyerapan. Serbuk arang aktif terbukti menyerap ribuan zat berbahaya sehingga arang banyak dijadikan bahan dalam masker wajah untuk perawatan kulit. Lalu apa saja manfaat arang untuk kulit?

Berikut ini beberapa manfaat arang untuk kecantikan yang harus Anda ketahui, dilansir dari Hello Sehat.

1. Menyamarkan Noda Jerawat

Arang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Anda hanya perlu membuat campuran bubuk arang dengan air mawar atau air biasa, kemudian oleskan masker pada wajah Anda, setelah itu bilas dengan air hangat. Cara ini merupakan obat rumah sederhana yang dapat membantu mengeringkan jerawat pada wajah Anda.

2. Menutup Pori-Pori Besar

Memiliki pori-pori yang besar dapat menyebabkan kotoran, polusi, dan zat kimia dari kosmetik Anda menumpuk di kulit sehingga rentan muncul komedo. Nah, dengan menggunakan masker yang berbahan dasar arang ini dipercaya dapat mengangkat semua kotoran dalam pori-pori dan mengecilkan pori-pori Anda.

3. Menyeimbangkan Produksi Minyak di Wajah

Anda yang punya jenis kulit berminyak Anda bisa memanfaatkan arang untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan produksi minyak yang lebih seimbang, Anda bisa memilih masker atau produk pembersih wajah dengan kandungan utama arang agar wajah tidak menjadi kering setelah penggunaan.

4. Mengatasi Kulit Kusam

Polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, debu jalanan, radiasi sinar ultraviolet dan asap rokok membuat kulit wajah terlihat kusam. Namun dengan karbon aktif, seluruh polutan tersebut bisa terangkat sempurna. Anda bisa mengoleskan masker sederhana dari arang ini pada wajah Anda.

5. Mengurangi Keriput

Keriput dapat dikurangi sekitar 60 persen jika Anda memijat wajah Anda dengan pasta arang. Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Prosedur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

6. Exfoliator Alami

Tekstur arang bisa menjadi exfoliator alami karena bisa membantu menghilangkan sebum dan sel kulit mati dari wajah. Sedangkan sifat antimikroba membantu mencegah infeksi kulit. Coba gunakan madu atau minyak jojoba ke dalam masker arang Anda jika Anda memang memiliki jenis kulit kering. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau garam untuk tindakan scrubbing yang lebih keras.

Nah, itulah enam manfaat arang untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Lakukan perawatan kulit dengan arang secara teratur dan dengan cara yang tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES