Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia

PT Pupuk Kaltim Salurkan Modal Kerja Rp 1,84 M kepada Mitra Binaan

Jumat, 14 September 2018 - 01:34 | 80.81k
Superintendent Kemitraan CSR PT Pupuk Kaltim Udiyanto, saat menyerahkan secara simbolis bantuan modal kerja bagi mitra binaan PT Pupuk Kaltim, bersama staf Departemen CSR PKT Irma Safni (FOTO: Humas PKT For TIMES Indonesia)
Superintendent Kemitraan CSR PT Pupuk Kaltim Udiyanto, saat menyerahkan secara simbolis bantuan modal kerja bagi mitra binaan PT Pupuk Kaltim, bersama staf Departemen CSR PKT Irma Safni (FOTO: Humas PKT For TIMES Indonesia)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, BONTANGPT. Pupuk Kaltim kembali menyalurkan bantuan modal kerja periode Juli dan Agustus 2018, bagi 43 Mitra Binaan dari Bontang, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara. Bantuan modal kerja yang disalurkan senilai Rp1,84 miliar.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Manajemen Perusahaan melalui Superintendent Kemitraan dan Bina Lingkungan Departemen CSR PT. Pupuk Kaltim Udiyanto, di Gedung Diklat Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Kamis (13/9/2018) sore.

Pencairan modal kerja ini, merupakan dana bergulir dari hasil pengembalian Mitra Binaan periode sebelumnya.

PT-Pupuk-Kaltim-Salurkan-Modal-Kerja-a.jpg

“Sejak 1989, Pupuk Kaltim telah menyalurkan bantuan pinjaman modal bagi usaha kecil masyarakat secara berkelanjutan, dengan bunga rendah sebesar 3%. Hal ini sebagai bentuk pembinaan bagi pengusaha kecil agar lebih maju dan berkembang,” ujar Udiyanto.

Dirinya menekankan agar bantuan modal kerja dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak digunakan di luar pengembangan usaha. Sebab hal tersebut sangat berkaitan dengan kelanjutan bantuan yang didasari pada evaluasi peningkatan usaha mitra binaan.

Selain itu, bagi masyarakat yang baru tergabung sebagai mitra binaan, PT. Pupuk Kaltim juga membuka peluang hibah untuk pengembangan usaha  Hibah bisa berupa perangkat dan fasilitas penunjang, hingga pelatihan manajemen dan promosi.

“Jika ada yang belum mendapatkan (hibah), bisa diajukan ke Departemen CSR untuk kami tindaklanjuti,” tambah Udiyanto.

Udiyanto menambahkan, pengajuan modal kerja maupun hibah disalurkan Pupuk Kaltim sesuai kebutuhan mitra binaan, tanpa biaya administrasi maupun potongan.

Apabila ditemukan pihak yang mengatasnamakan Perusahaan dan meminta sejumlah uang dengan alasan administrasi, mitra binaan diminta segera melapor ke pihaknya.

“Sebab seluruhnya ditanggung Perusahaan, bahkan hal kecil seperti materai sekalipun. Jadi nanti kalau nanti ada yang mengaku dari Pupuk Kaltim dan meminta biaya ini itu, segera lapor ke kami,” imbau dia.

Bantuan modal kerja ini diakui sejumlah mitra binaan sangat membantu pengembangan usaha. Terlebih proses pengajuan yang mudah dan cepat.

Disamping itu, pembinaan juga diberikan Pupuk Kaltim secara berkala guna pengembangan kapasitas dan SDM.

Begitupula bagi Suherimei pelaku usaha koleksi jahitan di Kota Bontang. Suherimi mengaku telah menjadi mitra binaan Pupuk Kaltim selama 7 tahun bahkan sering menjadi instruktur pelatihan bagi mitra binaan lain.

“Jadi tidak hanya bantuan modal saja, fasilitas dan pendampingan juga diberikan sehingga kami bisa lebih maju, tidak hanya itu kami juga dibantu promosi di berbagai media serta diikutkan expo sehingga makin dikenal masyarakat,” terangnya.

Hal senada juga dirasakan Agung Tri Saputro (36), pengusaha budidaya tambak ikan air tawar. Walau dirinya terbilang baru menjadi mitra binaan Pupuk Kaltim terhitung awal 2017 ini dirinya memperoleh bantuan periode yang kedua.

Pria asal Muara Badak Kutai Kartanegara ini mengatakan, berkat pinjaman modal Pupuk Kaltim, dari awal hanya memiliki lima petak tambak, mampu berkembang hingga 15 petak dalam satu tahun. “Saya awalnya cuma pinjam Rp15 Juta, setelah lunas saya ajukan lagi periode ini Rp30 Juta, ternyata disetujui,” ucapnya.

Walau tergolong baru dirinya mengapresiasi berbagai peluang yang diberikan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1977 tersebut.

“Nanti saya coba usulkan, semoga bisa dapat pembinaan juga untuk pengembangan usaha ke depannya,” harap Agung.

Guna memberi pemahaman seluruh proses pengajuan bantuan maupun hibah, Pupuk Kaltim turut mengedukasi seluruh mitra binaan dengan sosialisasi tahapan pencairan modal kerja. Hal ini diharap mampu memberi informasi menyeluruh terkait jenis program bantuan yang diberikan Pupuk Kaltim bagi mitra binaan.

“Salah satu pembinaan yang diberikan Pupuk Kaltim berupa peningkatan kapasitas mitra binaan untuk program kemitraan, seperti teknik produksi, manajerial, hingga pemasaran,” papar staf Departemen CSR Pupuk Kaltim Irma Safni, pada materi sosialisasi. (Adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES