Entertainment

Film Siap Gan! Rilis Hari Ini, Simak Bocorannya

Kamis, 13 September 2018 - 13:37 | 146.30k
Para cast film Siap Gan! bersama produser, sambangi fans Kota Pahlawan, di CGV Mall BGJunction Surabaya, Rabu (12/9/2018). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Para cast film Siap Gan! bersama produser, sambangi fans Kota Pahlawan, di CGV Mall BGJunction Surabaya, Rabu (12/9/2018). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYASiap Gan! Sebuah film komedi remaja dengan tema nasionalisme resmi dirilis hari ini, Kamis (13/9/2018). Dikemas menarik, film ini menyajikan sesuatu yang berbeda, merefleksikan kehidupan sehari-hari seorang anak manusia. 

Mengambil setting di Kota Surabaya dengan penggunaan dialek yang khas, menjadikan kisah para tokoh dalam film terasa begitu nyata dan mengalir apa adanya. Guna menumbuhkan jiwa dan semangat nasionalisme pada remaja, sutradara spesialisasi drama komedi Ody C. Harahap, dipastikan dapat mengisi kekosongan peran tersebut dalam sajian penuh gelak tawa yang akan menginspirasi generasi muda Indonesia. 

Pemilihan Kota Pahlawan sebagai lokasi diharapkan mampu mengangkat semangat pemuda kembali pada saat perjuangan masa lalu. 

Para-cast-film-Siap-Gan-2.jpg

“Kita ingin menunjukkan hal itu, di mana di Surabaya juga memiliki kisah perobekan bendera di Hotel Yamato,” terang sang Producer, Wailan Rotinsulu, yang diamini Executive Producer, Ramos Sihombing, Rabu (12/9/2018).

Siap Gan! bercerita tentang seorang gadis putus sekolah tamatan SMP bernama Nina yang diperankan aktris pendatang baru, Rini Mentari. Ia mencoba mengadu nasib di Surabaya. Terhimpit situasi ekonomi, Nina berniat mengikuti jejak seorang temannya, Vivi, yang bekerja sebagai seorang Wanita Tuna Susila. 

Namun belum sempat niat Nina terwujud, ia sudah tertimpa sebuah insiden razia di lokasi pertama kali ia mencari pelanggan, yang kemudian membuatnya terjebak di sebuah asrama pelatihan Paskibra. Di sana Nina bertemu dengan seorang pria tua bernama Pak Sakiran, veteran pelaku sejarah, mantan anggota tentara pelajar. 

Di dalam asrama Paskibra, begitu banyak pengalaman baru untuk Nina yang mengajarkan ia agar lebih menghargai hidupnya saat ini. Nina merasakan rasa dan semangat yang berbeda. Diiringi hentakan musik dan Iagu bersemangat “Merah Putihku" dari grup band Kotak, jiwa nasionalisme mulai tumbuh pada diri seorang Nina. 

Sebuah kehormatan bagi Rini Mentari untuk tampil maksimal pada film perdananya tersebut. Karena ia langsung mendapat porsi sebagai pemeran utama beradu akting dengan aktor gaek, Yama Carlos (Kapten Langga). Diakui Rini, ada rasa grogi dan beban karena akting dengan Yama Carlos.

Para-cast-film-Siap-Gan-3.jpg

“Saya bagai di ujung tombak jika akting perdana saya ini tidak mengena,” ungkap Rini saat dijumpai pada gala premiere di CGV BGJunction Surabaya, Rabu (12/9/2018), bersama Qausar Harta Yudana yang berakting sebagai Prabu, dan Yama Carlos.

Gadis asal Sumatra itu harus berdialek Jawa-Surabaya, meskipun sulit, ia tidak patah semangat. 

“Ada coach yang melatih selama sebulan lebih, untung tertolong juga dengan teman - teman Paskibra yang kebanyakan anak Surabaya,” sambung cewek manis tersebut.

Sementara bagi Yama Carlos, bukanlah kali pertama ia tampil menjadi anggota TNI. Proses syuting melanjutkan karakter dari film yang ia bintangi sebelumnya.

“Ini merupakan film ke empat yang saya perankan sebagai anggota TNI, kebetulan ada tawaran film ini, tanpa fikir panjang lagi, pasti akan menjadi bagus. Paling tinggal baris berbaris ikut mereka, supaya tahu arahan yang harus diberikan. Saya cinta TNI oleh karena itu saya mau memerankan,” ungkap Carlos.

Tidak ada kesulitan selama proses produksi tiga tahun lalu. Selama syuting, Yama merasa enjoy meskipun harus sedikit mengasah dialek khas Kota Pahlawan. 

“Saya darah Padang tapi lahir di Semarang, papa saya terakhir dinas di Surabaya, jadi dialek Surabaya sudah tidak asing lagi. Bahasa Jawa saya lancar tapi lebih ke Jateng, jadi tinggal menyesuaikan lagi,” paparnya.

Para-cast-film-Siap-Gan-4.jpg

Tak hanya menggelar Gala Premiere di Surabaya, cast dari Siap Gan! juga akan berkunjung ke beberapa daerah di Jawa Timur diantaranya Malang pada Kamis, 13 September 2018 Mandala 21 Malang, Blitar pada Kamis, 13 September 2018 di CGV Blitar dan Mojokerto pada Jumat, 14 September 2018 di CGV, Sunrise Mall . Selain itu, film ini juga didukung penuh oleh Gousta Feriza, SH, MH; selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Purna Paskibraka (PPI). 

Bahkan Menpora Imam Nahrawi turut melontarkan komentar setelah menonton. Ia berharap film ini dapat menumbuhkan semangat Nasionalisme kepada anak-anak muda sekarang dan tidak melupakan sejarah Bangsa.

”Memang tantangan anak muda sekarang ini cukup berat. Apalagi di era digital, mereka asyik dengan kehidupannya sendiri tanpa melihat kanan kirinya. Padahal kita bisa hidup seperti sekarang ini tidak Iepas dari perjuangan panjang para pahlawan kita, orangtua kita dan guru-guru kita. Karenanya saya berharap anak muda harus nonton film ini agar tahu dari mana kita berasal dan bagaimana pengorbanan kita untuk merah putih,” kata Imam Nahrawi(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES