Selasa, 25 September 2018
Gaya Hidup

Penyebab Mulut Kering yang Harus Diwaspadai

Penyebab Mulut Kering yang Harus Diwaspadai ILUSTRASI: Mulut Kering. (FOTO: detik)
Kamis, 13 September 2018 - 13:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kondisi mulut kering membuat rasa tidak nyaman, bahkan hingga tenggorokan. Salah satu pemicu mulut kering adalah kurang minum alias dehidrasi. Namun, tahukah Anda penyebab mulut kering tak hanya karena dehidrasi, lho. Apa saja penyebab mulut kering?

Berikut ini adalah berbagai penyebab mulut kering yang umum terjadi.

1. Faktor Usia

Semakin bertambah usia, semakin menurun pula produksi air liur Anda. Maka tak heran kalau orang lanjut usia, kakek, nenek, atau bahkan Anda sendiri sering mengalami mulut kering.

2. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol merupakan dua penyebab mulut kering yang paling umum. Pasalnya, dua kebiasaan buruk ini dapat menurunkan produksi air liur dan memperparah gejala mulut kering.

3. Konsumsi Obat-obatan

Kalau Anda sering merasakan mulut kering, coba lihat lagi jenis obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis obat, khususnya obat bebas tanpa resep, memiliki efek samping berupa mulut kering.

4. Kerusakan Saraf

Cedera atau operasi di bagian kepala dan leher bisa menyebabkan efek samping berupa mulut kering. Pasalnya, saraf yang ada di kepala dan leher berperan penting untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah supaya menghasilkan air liur.

Jika saraf-saraf tersebut rusak, maka tidak ada lagi saraf yang mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah. Alhasil, jumlah air liur menurun dan menyebabkan mulut kering.

5. Penyakit Tertentu

Selain dehidrasi, bisa jadi mulut kering ini disebabkan penyakit tertentu yang sedang Anda alami, mulai dari yang ringan hingga parah. Contohnya sariawan, gondongan, rematik, hipertensi, diabetes, stroke, penyakit Alzheimer, hingga penyakit autoimun seperti sindrom Sjogren atau HIV/AIDS. Beberapa penyakit di atas bisa menjadi penyebab mulut kering yang membuat Anda jadi tak nyaman. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration