Selasa, 25 September 2018
Gaya Hidup

Tips Mengatasi Makan Berlebihan saat Stres

Tips Mengatasi Makan Berlebihan saat Stres ILUSTRASI: Makan Berlebihan saat Stres. (FOTO: Hello Sehat)
Kamis, 13 September 2018 - 10:36

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat sedang emosi atau stres, banyak orang meluapkannya pada makanan. Kondisi ini disebut dengan emotional eating. Jika terus terjadi dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan diri atau mengatasi makan berlebihan saat stres melanda.

1. Kenali Pemicu Makan Berlebihan

Ini adalah langkah utama untuk mengatasi makan berlebihan. Anda bisa membuat buku harian atau jurnal makanan dapat membantu mengetahui pemicu dan situasi ketika Anda lebih mungkin makan berlebihan karena emosi, bukan rasa lapar yang datang dari perut kosong.

2. Ngemil Buah-buahan

Buah-buahan punya rasa yang alami, tapi memiliki kalori yang kecil. Contohnya saja satu buah jeruk mandarin ukuran sedang hanya memiliki 50 kalori.

Tidak hanya akan memuaskan rasa ingin makan makanan manis, jeruk juga bisa memberikan Anda sesuatu hal yang bisa Anda kerjakan untuk mengalihkan pikiran. Dengan mengupas dan mencium bau jeruk akan membantu menenangkan pikiran Anda.

3. Minum Teh Hitam

Saat Anda sedang stres, tingkat hormon kortisol akan meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Kuncinya adalah mengurangi kortisol, salah satunya dengan minum segelas teh hitam.

Anda juga bisa luangkan waktu sebentar untuk melakukan beberapa latihan pernapasan ringan. Matikan ponsel Anda, berikan diri Anda waktu luang untuk sejenak beranjak dari rutinitas harian Anda. Semua ini akan membantu mengendalikan hormon kortisol Anda yang meningkat akibat stres.

4. Olahraga

Olahraga secara teratur selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga ampuh mengurangi produksi hormon pemicu stres. Juga, dapat membantu menurunkan risiko depresi, kecemasan, dan insomnia, di samping mengurangi kecenderungan untuk terlibat dalam emotional eating. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration