Selasa, 25 September 2018
Peristiwa - Internasional

Idap Kanker, KJRI Jeddah Pulangkan TKW Asal Jateng

Idap Kanker, KJRI Jeddah Pulangkan TKW Asal Jateng Supiyah Taslim Ahmad (berkursi roda) saat dibawa pulang ke Indonesia didampingi oleh seorang staf dari KJRI Jeddah. (FOTO: kemlu.go.id)
Kamis, 13 September 2018 - 09:54

TIMESINDONESIA, JEDDAH – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah memulangkan seorang tenaga kerja wanita bernama lengkap Supiyah Taslim Ahmad, Selasa (11/9/2018). Perempuan kelahiran 1965 ini dipulangkan karena dua tahun belakangan mengidap kanker payudara.

Dilansir TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) dari laman Kemlu RI, kepada KJRI Jeddah, Arab Saudi, Supiyah mengaku telah 24 tahun bekerja pada satu keluarga Saudi di Provinsi Jizan yang berjarak sekitar 700 kilometer dari KJRI Jeddah. 

Kepada Tim Pelindungan KJRI saat mengunjunginya di rumah majikan, Supiah menuturkan, dirinya telah beberapa kali menjalani perawatan dari Rumah Sakit Umum (RSU) King Fahd, Jizan, atas tanggungan majikan. Namun kondisinya tak kunjung membaik.

"Pertengahan Agustus kemarin, dia mengeluh sakit di dada. Katanya ada benjolan. Dia akhirnya dibawa majikan ke rumah sakit. Rumah sakit akhirnya mengambil tindakan operasi untuk mengangkat kankernya," ujar Safaat Ghofur, Pelaksana Fungsi Konsuler (PFK)-1 yang merangkap Koordinator Pelayanan dan Pelindungan Warga (KPW).

Safaat menambahkan, pascaoperasi, Supiah seharusnya menjalani tindakan medis lanjutan berupa kemoterapi di rumah sakit tersebut, sehingga ikhtiar pengobatannya berjalan tuntas. Namun, supiah lebih memilih meninggalkan rumah sakit dan meminta agar segera  dipulangkan saja dan berobat di Tanah Air.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Kemenlu RI

Komentar

Registration