Peristiwa Internasional

Presiden Korsel Ajak Presiden RI Blusukan, Begini Suasananya

Selasa, 11 September 2018 - 12:55 | 27.66k
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana diajak blusukan Presiden Moon Jae-in, di Dongdaemun, Seoul, Korsel, Senin (10/9) malam. (FOTO: Rahmat/Humas)
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana diajak blusukan Presiden Moon Jae-in, di Dongdaemun, Seoul, Korsel, Senin (10/9) malam. (FOTO: Rahmat/Humas)

TIMESINDONESIA, SEOULPresiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengajak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke pusat belanja di wilayah Dongdaemun, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9/2018) malam waktu setempat.

Blusukan dilakukan usai Jokowi menghadiri jamuan santap malam kenegaraan (state dinner) di Blue House, Seoul. Ikut serta dalam blusukan itu Ibu Negara Iriana Jokowi diajak Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook.

“Lokasi yang dipilih adalah kawasan Dongdaemun. Tiba pukul 20.30 waktu setempat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook melihat taman yang dipenuhi bunga mawar (rose garden) dengan cahaya lampu,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, yang diterima TIMES Indonesia Senin malam.

Mereka kemudian berjalan kaki menuju sebuah Dongdaemun Design Plaza. Saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada di dekat mereka. Momen ini kemudian dimanfaatkan warga untuk berfoto bersama.

Di pusat perbelanjaan tersebut, Jokowi dan Ibu Iriana berkeliling sambil menyambangi beberapa kios. Di kios-kios tersebut Jokowi dan Ibu Iriana melihat-lihat pakaian seperti kemeja, jas, blazer, dan sebagainya.

Kedua presiden itu tampak akrab selama blusukan. Setelah berkeliling, Presiden Jokowi menyatakan dirinya melihat kawasan Dongdaemun menyerupai kawasan Tanah Abang, Jakarta. “Saya melihat kawasan Tanah Abang-nya Kota Jakarta,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, di Dongdaemun banyak jenis pakaian, ada pakaian anak-anak, remaja, wanita, dan pria juga ada. “Ada 30 ribu toko di sini,” ujarnya.

Jokowi menilai kawasan Dongdaemun dapat dijadikan contoh untuk mengembangkan kawasan serupa di Indonesia. Setelah 45 menit blusukan, sekitar pukul 21.15 waktu setempat, Jokowi dan Iriana berpisah dengan Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook untuk kembali ke hotel tempat menginap selama di Seoul. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES