Peristiwa Daerah

Kembangkan Pembiayaan lewat IT, Kemenkop dan UKM Apresiasi Auliasoft

Jumat, 07 September 2018 - 19:33 | 72.79k
(FOTO: Humas Kemenkop dan UKM For Times Indonesia)
(FOTO: Humas Kemenkop dan UKM For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAKemenkop dan UKM RI mengapresiasi langkah Auliasoft yang telah mendukung program layanan pembiayaan melalui sistem informasi dan teknologi (sistem IT) bekerja sama dan bersinergi dengan 30 Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) di Indonesia. 

“Kami memberikan penghargaan kepada Auliasoft yang telah mendukung program layanan pembiayaan melalui sstem IT ini,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Yuana Sutyowati acara Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia di Yogyakarta, Jumat (7/9/2018). 

Dia mengatakan pemerintah akan terus mendorong koperasi dan UMKM menerapkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya.

Menurut data BPS, tercatat 3,79 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan bisnis e-commerce, dalam bentuk digitalisasi platform market place. “Kebijakan Koperasi dan UMKM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan perekonomian nasional,” kata Yuana.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga berkomitmen untuk mengembangkan usaha koperasi yang sehat dan mandiri, sehingga diharapkan dapat berperan sebagai soko guru perekonomian nasional.

Adapun strategi yang dilaksanakan melalui reformasi total koperasi dengan tiga pendekatan. Pertama reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan. 

Reorientasi, dengan merubah paradigma pendekatan pembangunan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas untuk mewujudkan koperasi modern yang berkualitas serta berdaya saing tinggi dengan jumlah anggota aktif yang terus meningkat.

Rehabilitasi, dengan memperbaiki dan membangun database sistem koperasi melalui Online Database System (ODS) untuk memperoleh sistem pendataan koperasi yang lebih baik dan akurat.

Sedangkan pengembangan, dilakukan dengan meningkatkan kapasitas koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh serta setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, perkuatan SDM, Kelembagaan, Pembiayaan, Pemasaran dan kemajuan Teknologi.

Pada kesempatan itu, Yuana juga tak lupa mengucapkan selamat dalam menjalankan Silatnas ke-3, dengan harapan forum ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kepercayaan bagi anggota asosiasi dan masyarakat terhadap koperasi. “Selamat melaksanakan Forum Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia, semoga forum ini dapat berperan sebagai bagian dari solusi peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM,” katanya.

Selain dari Kemenkop dan UKM RI, turut hadir dalam acara Silatnas ke-3 Asosiasi Auliasoft Indonesia ini, antara lain Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, 300 pengurus dan pengelola Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang tergabung dalam Asosisasi Auliasoft Indonesia, maupun para tokoh koperasi, dan pegiat koperasi/BMT dari seluruh Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES