Rabu, 26 September 2018
Peristiwa - Daerah

Kembangkan Bisnis Digital, Telkom Gandeng Perguruan Tinggi di Pesantren

Kembangkan Bisnis Digital, Telkom Gandeng Perguruan Tinggi di Pesantren Bentuk kerjasama antara PT. Telkom Indonesia dengan sejumlah perguruan tinggi. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 07 September 2018 - 13:14

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Untuk menghadapi masa era industri 4.0, PT Telkom (Telekomunikasi Indonesia), menggandeng sejumlah perguruan tinggi berbasis pesantren, dengan menggelar Workshop Academics Partnership Plan.

Hal itu dilakukan, untuk melakukan pembahasan implementasi kerjasama, dalam rangka pengembangan potensi bisnis startup di lingkungan pesantren.

Academics Partnership yang diinisiasi oleh PT. Telkom Indonesia, melibatkan Universitas Nurul Jadid ProbolinggoUniversitas Hasyim Asy'ari Jombang dan Institut Telkom Purwokerto.

“Ini dilakukan untuk menjawab tantangan era industry 4.0, yang membuat bidang kehidupan yang serba digital nantinya,” jelas Debora Komba, Sub Coord Planning and Discovery DDS PT. Telkom Indonesia, Kamis (6/9/2018).  

Menurutnya, lingkungan pesantren dan masyarakat di sekitar pesantren dianggap sangat potensial untuk menjadi sektor pengembangan startup di daerah-daerah.

"Sekarang ini di mana-mana udah serba online semua. Makanya kita dorong anak-anak muda itu. Pertama, bukannya berebut jadi pegawai, tapi bisa ciptakan lapangan kerja sendiri. Yang kedua, lewat startup yang mereka bikin itu nanti produk-produk lokal bisa bersaing juga," tutur Debora.

Potensi pengembangan startup di daerah-daerah itu justeru lebih seru. Di situ banyak inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan lewat berbagai startup. Itu juga yang kita lihat di pesantren-pesantren.

“Cuma selama ini memang sinergi kita dengan pesantren masih belum ya? Makanya ini kita dorong pengembangan ke arah sana. Untuk di bidang sosial sangat kaya potensinya. Itu kalau diseriusi kan keren banget tuh?," lanjut dia.

Debora berharap, implementasi kerjasama PT Telkom dengan perguruan tinggi dan pondok pesantren akan terus jalan. Pihak Telkom sudah mulai prosesnya sekarang ini dengan langkah cepat. “Juli kemarin MoU, sekarang sudah realisasi. Untuk itu mari kita kedua belah pihak sama-sama aktif berperan untuk menghasilkan hal-hal yang inovatif bersama-sama," ucapnya. (*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration