Peristiwa - Daerah

[HOAKS] PLTU Paiton Meledak

[HOAKS] PLTU Paiton Meledak ILUSTRASI: PLTU Paiton. (FOTO: blog.ub.ac.id)
Rabu, 05 September 2018 - 19:46

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Padamnya aliran listrik di sekitar Probolinggo menjadi pembicaraan hangat di kalangan netizen. Netizen sempat menyebut, listrik padam itu karena PLTU Paiton, di Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, meledak. Pihak PLTU Paiton pun membantah hal tersebut.

Sebagai informasi, aliran listrik di Kota maupun Kabupaten Probolinggo, mulai padam pukul 11.30 WIB. Selain Probolinggo, padamnya listrik ini juga terjadi di sejumlah daerah di Jawa Timur dan Bali. Seperti Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Sementara di wilayah barat, seperti Mojokerto, Kediri, Madiun, Ponorogo, Trenggalek, dan Tulunggagung pun terdampak.

Pemadaman itupun, mendapat berbagai macam komentar pengguna medsos. Seperti akun Facebook Kenzie Saputra. “Mak abit padam riah kanak dimah se rempak riah (kenapa lama sekali pemadaman serempak ini)”, tulisnya.

Hal sama juga diunggah akun Achmad Arif, ia memosting kekesalannya atas padamnya listrik dengan kalimat “Panas banget lagi mati lampu huffff, di daerah kalian gimana All, Salam 1 Aspal,” postingnya.

Bahkan akun Facebook Budiyono, menulis “Apa benar PLTU paiton itu meledak? Dan Akibatnya sekrng pada mati lampu??" dalam postingannya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, SPV Umum dan CSR PT. PJB UP Paiton, Sukirman Hadi Prayitno membenarkan jika ada gangguan. Sehingga listrik tidak mampu menyuplai secara maksimal.

“Gangguan di sistem transmisi itu, yang menyebabkan listrik mati. Semua PLTU yang gangguan, ini kita di PJB sudah bisa masuk sistem, lagi pemulihan,” ujarnya via seluler, Rabu (5/9/2018).

Pihaknya juga menegaskan, tidak ada bagian di pembangkit listrik Paiton yang meledak. “Gak ada, hoaks itu. Ngawur itu. Seluruh sistem Jawa Bali yang gangguan. Lebih detailnya PLN APP Probolinggo yang lebih faham,” ujar lelaki yang akrab disapa Kirman itu.

Manajer Teknis PLN Rayon Probolinggo, Kadek Adi Dwi Purwaka tidak menyangkal saat ini listrik padam dikarenakan gangguan transmisi. Bukan isu PLTU Paiton meledak. Akibatnya, tak hanya Probolinggo, karena beberapa kota lain juga padam. “Informasinya listrik padam karena gangguan transmisi. Saat ini kita masih proses penormalan,” pungkas Kadek. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration