Adv

Kesenian Tiga Negara Meriahkan Pembukaan Semipro 2018

Kamis, 30 Agustus 2018 - 13:40 | 61.95k
Kesenian Korsel saat tampil dalam opening Semipro 2018 (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)
Kesenian Korsel saat tampil dalam opening Semipro 2018 (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Acara Semipro 2018 atau Seminggu di Kota Probolinggo resmi dibuka tadi malam. Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan kesenian dari tiga negara di panggung utama, alun-alun Kota Probolinggo.

Tiga kesenian mancanegara yang tampil secara bergantian tersebut, meliputi kesenian Malaysia, Filipina dan kesenian Korea Selatan (Korsel).

Penampilan kesenian tiga negara itu, kemudian disusul dengan penampilan seni budaya lokal Kota Probolinggo. Itulah kegiatan cross culture yang tersaji dalam opening (pembukaan) Semipro 2018.

Dari pantauan TIMES Indonesia, semula penonton yang memadati alun-alun Kota Probolinggo disuguhi dengan kesenian Kelabang Songo asli Probolinggo.

Setelah itu, dilanjutkan dengan seremonial. Semipro 2018 ini, dibuka olah Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan drum oleh sekda bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Setelah resmi dibuka, ada fashion show batik dari H2R Kota Probolinggo. Kemudian secara bergilir, dilanjutkan dengan kesenian Malaysia, Filipina, Korsel dan kesenian tari lokal Kota Probolinggo. 

Di ujung acara, ada penampilan artis Indonesian Idol, Husein Alatas. Artis berkepala plontos ini, membawakan tiga lagu di panggung utama Semipro 2018.

Salah satunya, lagu Selamat Ulang Tahun dari grup band Jamrud. Lagu ini dibawakan untuk merayakan ulang tahun ke-73 Republik Indonesia, dan ulang tahun ke-659 Kota Probolinggo.

Sekda Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo mengatakan, Semipro 2018 merupakan yang ke-10 sejak event tersebut diselenggarakan pada 2009 silam. "Sekarang sudah satu dekade," katanya.

Secara keseluruhan, ada 27 jenis kegiatan yang disuguhkan dalam Semipro 2018 atau Seminggu di Kota Probolinggo . Meliputi olah raga, festival, lomba dan seni budaya. Tema Semipro 2018 adalah Lestari Budayaku, Mendunia Kreasiku. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES