Gaya Hidup

Dampak Negatif Kecanduan Medsos yang Harus Diketahui

Jumat, 24 Agustus 2018 - 06:28 | 91.95k
ILUSTRASI. (FOTO: Vemale.com)
ILUSTRASI. (FOTO: Vemale.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada era yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi suatu kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Media sosial bisa menghubungkan yang jauh menjadi dekat, dan bahkan sekarang ini sudah bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan. Meski demikian, penggunaan media sosial yang tidak tepat juga bisa menjadi penyakit sosial baru dalam masyarakat serta menimbulkan kecanduan medsos.

Melansir dari Reader’s Digest, ada beberapa dampak buruk yang terjadi apabila Anda kecanduan medsos.

1. Menghabiskan banyak uang

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan media sosial terlalu sering mungkin berkorelasi dengan kontrol diri yang lebih rendah. Hal ini akan menyebabkan pengeluaran lebih banyak karena penjualan barang-barang yang sangat menarik dan kemewahan yang ditampilkan di medsos membuat orang ingin melakukan hal yang serupa.

2. Membuat selera makan bertambah

Menurut Women's Health, foto-foto makanan yang bagus dapat mengaktifkan pusat otak dan mendorong pecandu medsos untuk makan berlebihan. Sebuah studi menunjukkan, melihat gambar makanan setelah makan bahkan dapat memicu rasa lapar.

3. Mengacaukan kemampuan untuk berpikir secara mandiri

Sebuah studi dari HP Labs menemukan bahwa orang lebih cenderung mengubah selera mereka terhadap hal-hal tertentu. Artinya, mereka akan lebih mudah setuju terhadap apa yang populer di medsos.

4. Menurunkan kepercayaan diri

Peneliti dari dua universitas di Jerman menemukan bahwa satu dari tiga orang yang disurvei merasa lebih kesepian dan frustrasi setelah menghabiskan waktu di Facebook. Mereka cenderung membandingkan diri dengan teman-temannya, sehingga merasa tidak pernah cukup.

5. Interaksi di dunia nyata menjadi berkurang

Susan Greenfield dari Oxford University menyebut generasi mendatang akan lebih sering berinteraksi lewat online daripada bertemu langsung.

6. Kehilangan waktu tidur

Melatonin adalah hormon di dalam tubuh Anda yang mengatur tidur. Tingkat melatonin yang tinggi dapat membantu Anda tidur, sementara tingkat melatonin yang rendah mengakibatkan Anda kesulitan untuk tidur.

Harvard Health Publishing of Harvard Medical School mengatakan cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel pintar Anda bisa mengurangi tingkat melatonin dalam tubuh.

7. Halusinasi soal "notifikasi palsu"

Sebuah studi dalam jurnal Computers in Human Behavior mengamati halusinasi soal getaran notifikasi pada mahasiswa. Beberapa mahasiswa percaya bahwa ponsel mereka bergetar atau berbunyi, padahal tidak. Ini mungkin menimbulkan masalah jika Anda selalu memeriksa ponsel karena merasa memiliki notifikasi untuk dilihat.

Itulah dampak buruk kecanduan medsos untuk saat ini. Bermain media sosial dengan ponsel pintar memang asyik, tapi lebih asyik lagi berinteraksi langsung dengan orang. Mulai sekarang gunakanlah media sosial secara cerdas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES