Peristiwa Daerah

Rayakan Idul Adha, Warga di Gresik Lomba Adu Cepat Kuliti Hewan Kurban

Rabu, 22 Agustus 2018 - 13:34 | 63.99k
Warga saat mengikuti lomba adu cepat menguliti hewan kurban. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Warga saat mengikuti lomba adu cepat menguliti hewan kurban. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Memperingati Hari Raya Idul Adha, puluhan warga di Desa Dahan Kidul, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, melaksanakan lomba adu cepat menguliti hewan kurban. Selain dalam rangka Idul Adha, kegiatan tersebut merupakan salah satu acara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73. 

Selasa (22/8/2018) sejak pagi, ratusan warga berkumpul di Masjid Roudlotul Janah, Desa Dahan Kidul. Mereka sudah menyiapkan peralatan untuk lomba menguliti hewan kurban. 

Setelah disembelih oleh panitia, hewan kurban lalu dilombakan. Para warga adu cepat menguliti hewan kurban, 7 ekor sapi dan 10 ekor kambing dilombakan untuk dikuliti.

Menguliti-KAmbing-kurban.jpg

Mereka langsung mengeluarkan kemampuannya. Ada yang masih canggung, banyak pula yang sudah cekatan dalam menguliti. 

Panitia Lomba, Dedi Tri Kurniawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Adha sekaligus memperingati HUT RI Kemerdekaan ke 73.

Terdapat beberapa kriteria dalam penilaian, para peserta dituntut harus dapat menguliti hewan tanpa terkena daging. Jika daging masih menempel di kulit, maka akan didiskualifikasi. 

"Selain cepat juga harus bersih. Ada tiga ekor hewan kurban berupa kambing yang dijadikan objek lomba. Satu ekor kambing, ditangani dua orang peserta," katanya. 

Dedi membeberkan, lomba adu cepat menguliti hewan kurban tersebut juga dilakukan agar pendistribusian daging kurban kepada warga bisa lebih cepat.

"Ini juga agar antusias warga bertambah dalam berkurban saat Hari Raya Idul Adha," ucapnya yang juga berharap agar lomba adu cepat menguliti hewan kurban dapat dilaksanakan di tahun depan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES