Peristiwa Daerah

Hari Raya Idul Adha 1439 H, Pemkab Magetan Gelar Takbir Keliling Berlampion

Rabu, 22 Agustus 2018 - 00:55 | 357.20k
Peserta taknir keliling berlampion di Magetan terlihat atraktif menampilkan karyanya. (FOTO: MK Adinugroho S/TIMES Magetan)
Peserta taknir keliling berlampion di Magetan terlihat atraktif menampilkan karyanya. (FOTO: MK Adinugroho S/TIMES Magetan)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (PemkabMagetan gelar lomba Takbir Keliling Berlampion pada Selasa malam (21/8/2018), untuk menyambut dan menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1439 H tahun 2018. Ratusan pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah atas beradu kreasi dalam acara itu.

Lampion bernuansa Islami menambah semarak kemeriahan Lomba Takbir Keliling Berlampion. Hal itu, mengundang decak kagum ribuan penonton yang memadati ruas jalan area pawai.

Kasubag Pemberitaan Humas Pemkab Magetan, Eko Budiono membeberkan Lomba Takbir Keliling Berlampion dipusatkan di wilayah Kota Magetan. Perlombaan tersebut, diikuti hampir semua sekolah yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Magetan."Yang ikut dari tingkat SD/MI, siswa SMP/MTs dan siswa SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta di seluruh kecamatan di Kabupaten Magetan," ujarnya.

Giat tersebut, dimulai sekitar pukul 19.00 WIB atau sehabis sholat isya. Titik start dan finisnya di depan Pendopo Surya Graha Magetan."Acara itu yang menyelenggarakan Pemkab Magetan," terangnya.

Namun, detail perlombaan dirinya belum dapat memberikan banyak komentar. Tak hanya itu, terkait besaran jumlah anggaran yang digunakan untuk penyelenggaraan perlombaan itu juga belum dapat disampaikan."Mohon maaf kalau itu saya belum bisa informasikan karena perlu saya konfirmasi pada panitia," paparnya.

Sementara itu, Kasi Pengamanan dan Pengawalan Satpol PP dan Damkar, Dandun Widya Kusuma mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait, guna upaya pengamanan terhadap acara itu. Salah satunya, dengan pengaturan lalu lintas."Seperti biasa kita back up pengaturan lalu lintas, khususnya urutan nomor pesertanya," kata Dandun kepada TIMES Indonesia.

Para peserta Lomba Takbir Keliling Berlampion, harus melalui rute yang telah ditentukan untuk menampilkan kreasi lampion serta keboleh dari masing-masing sekolah dengan berjalan kaki.

"Llokasi start depan Pendopo Surya Graha, selanjutnya mengelilingi Jl Basuki Rahmat Barat, Jembatan Gandong II , Jl Manggis, Jl Jambu, Jl  Ahmad Yani,  Jl Bangka, Jl MT Haryono, Perempatan Pasar Sayur, Jl Yos Sudarso, Jl Panglima Sudirman, Jembatan Gandong I, Jl Basuki Rahmat Utara, Jl Basuki Rahmat Timur, Jl Basuki Rahmat Selatan, kemudian berakhir Finish di depan Pendopo Surya Graha," jelasnya.

Terpisah, salah seorang guru dari salah satu madrasah negeri di Kabupaten Magetan, Nur Wakhid mengungkapkan dalam perlombaan Takbir Keliling Berlampion menyambut Hari Raya Idul Adha 1439 H kali ini, pihaknya menghabiskan waktu sekitar seminggu untuk pembuatan lampion serta persiapan lainnya. Menurutnya, menang atau kalah itu hal biasa diajang kompetisi."Yang nomor 1 itu bisa syiar dan juga menyemarakkan acara tahunan, kalau juara bonusnya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES