Peristiwa - Daerah

Yonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad Latihan Program Menembak Senjata Berat Teknis

Yonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad Latihan Program Menembak Senjata Berat Teknis Penembakan meriam 55/mm GS Caesar oleh pasukan Yonarmed 12/1/2 Kostrad (FOTO: Istimewa)
Rabu, 22 Agustus 2018 - 00:05

TIMESINDONESIA, NGAWIYonarmed 12/1/2 Kostrad yang bermarkas di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur kali ini melakuan program latihan menembak senjata berat teknis (Latbakjatratnis). Pelaksanakan kegiatan latihan menembak senjata berat teknis tersebut dilaksanakan pada tanggal 17-20 Agustus 2018 di kecamatan Pasirian, Lumajang-Jatim.

Dalam pelaksanaan latihan teknis penembakan tersebut, melibatkan 6 pucuk meriam 155/mm GS Caesar dan 228 personel. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai kelanjutan dari Latihan Tim Pelaksanaan Tembakan (LTPT) dan sebelum dilaksanakannya latihan teknis/taktis tingkat Baterai.

Yonarmed-3.jpgSejumlah pasukan Yonarmed 12/1/2 Kostrad melakukan pengisan amunisi untuk meriam 155/mm GS Caesar

"Latihan teknis penembakan ini merupakan salah satu cara untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Armed serta keterampilan teknis Tim Pelaksana Tembakan di dalam suatu sistem penembakan Armed yang didukung oleh prosedur komunikasi, komputerisasi dan pengamanan," kata Danyonarmed 12 Letkol Arm Wahyu Jatmiko selaku Komandan latihan.

Pada pelaksanaan latihan tersebut menggunakan amunisi sebanyak 90 butir dengan kaliber 155 mm dengan jarak tembakan kurang lebih 18 km dari jarak capai meriam 155 yang sebenarnya sampai 39 km.

"Secara umum prajurit Yonarmed 12 telah mampu menunjukkan kemampuan dan profesionalismenya, walaupun ke depan tentunya perlu ditingkatkan kembali mengingat Yonarmed 12 dibawah Menarmed 1 merupakan salah satu Batalyon Pilot Project Transformasi Alutsista di Indonesia, di mana merupakan peralihan dari manual ke digitalisasi," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa meriam 155 mm/GS Caesar ini memiliki keunggulan Rate Of Fire (kecepatan menembak), High Precision (tepat kena), Logistic Efficiency (efisiensi Dorlog) serta Shoot And Scoot (menembak dan beralih kedudukan).

Jurnalis : Adhitya Hendra
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration