Peristiwa Daerah

Yonarmed 12/155/AY/1/2 Kostrad Latihan Program Menembak Senjata Berat Teknis

Rabu, 22 Agustus 2018 - 00:05 | 152.51k
Penembakan meriam 55/mm GS Caesar oleh pasukan Yonarmed 12/1/2 Kostrad (FOTO: Istimewa)
Penembakan meriam 55/mm GS Caesar oleh pasukan Yonarmed 12/1/2 Kostrad (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, NGAWIYonarmed 12/1/2 Kostrad yang bermarkas di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur kali ini melakuan program latihan menembak senjata berat teknis (Latbakjatratnis). Pelaksanakan kegiatan latihan menembak senjata berat teknis tersebut dilaksanakan pada tanggal 17-20 Agustus 2018 di kecamatan Pasirian, Lumajang-Jatim.

Dalam pelaksanaan latihan teknis penembakan tersebut, melibatkan 6 pucuk meriam 155/mm GS Caesar dan 228 personel. Kegiatan yang dilaksanakan sebagai kelanjutan dari Latihan Tim Pelaksanaan Tembakan (LTPT) dan sebelum dilaksanakannya latihan teknis/taktis tingkat Baterai.

Yonarmed-3.jpgSejumlah pasukan Yonarmed 12/1/2 Kostrad melakukan pengisan amunisi untuk meriam 155/mm GS Caesar

"Latihan teknis penembakan ini merupakan salah satu cara untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Armed serta keterampilan teknis Tim Pelaksana Tembakan di dalam suatu sistem penembakan Armed yang didukung oleh prosedur komunikasi, komputerisasi dan pengamanan," kata Danyonarmed 12 Letkol Arm Wahyu Jatmiko selaku Komandan latihan.

Pada pelaksanaan latihan tersebut menggunakan amunisi sebanyak 90 butir dengan kaliber 155 mm dengan jarak tembakan kurang lebih 18 km dari jarak capai meriam 155 yang sebenarnya sampai 39 km.

"Secara umum prajurit Yonarmed 12 telah mampu menunjukkan kemampuan dan profesionalismenya, walaupun ke depan tentunya perlu ditingkatkan kembali mengingat Yonarmed 12 dibawah Menarmed 1 merupakan salah satu Batalyon Pilot Project Transformasi Alutsista di Indonesia, di mana merupakan peralihan dari manual ke digitalisasi," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa meriam 155 mm/GS Caesar ini memiliki keunggulan Rate Of Fire (kecepatan menembak), High Precision (tepat kena), Logistic Efficiency (efisiensi Dorlog) serta Shoot And Scoot (menembak dan beralih kedudukan).

Pada kesempatan latihan tersebut juga ditinjau langsung oleh Danpussenarmed Brigjen TNI Dwi Jati Utomo selaku LKT (Lapangan Kekuasaan Teknis) beserta rombongan. Selain itu, Danpussenarmed juga memberikan pengarahan kepada seluruh penyelenggara dan pelaku latihan yang pada intinya menyampaikan kebanggannya kepada Yonarmed 12 yang telah menyelesaikan latihan menembak senjata berat teknis  dengan aman dan professional.

"Berbanggalah kalian yang sudah diberikan kepercayaan sebagai prajurit Kostrad yang terpilih dengan alutsista yang canggih. Meriam 155/GS Caesar ini adalah salah satu Alutsista andalan Armed TNI AD saat ini yang memiliki begitu banyak kelebihan baik dari sistem operasional, jarak capai maupun perkenaannya," kata Danpussenarmed.

Yonarmed.jpgKunjungan Brigjen TNI Dwi Jati Utomo selaku LKT (Lapangan Kekuasaan Teknis) beserta rombongan saat meninjau latihan menembak senjata berat teknis.

Dengan kecanggihan Alutsista ini, tambahnya, tentunya juga diperlukan kemampuan serta profesionalisme yang lebih dari prajurit yang mengawakinya. "Salah satunya adalah kemampuan untuk menguasai bahasa asing seperti bahasa Perancis yang merupakan bahasa dari Meriam 155/GS Caesar diproduksi dalam rangka mendukung operasional Alutsista ini," katanya.

Ke depan Alutsista meriam akan digelar di beberapa perbatasan dalam rangka menjaga keutuhan serta kedaulatan NKRI. "Saya yakin dan percaya dengan kemampuan kalian, tetap semangat dan jadilah prajurit Armed yang modern, cerdas dan tangguh," tegasnya diakhir pengarahannya.

Disela waktu latihan, juga dimanfaatkan Yonarmed 12/1/2 Kostrad untuk melaksanakan kegiatan serbuan Teritorial bersama masyarakat seperti syukuran, bagi-bagi sembako dan memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar daerah latihan. Turut diundang para tokoh masyarakat, Muspika untuk hadir langsung menyaksikan penembakan meriam 155 mm/GS Caesar, sekaligus memberikan piagam atas partisipasinya dalam menyukseskan pelaksanaan Latbakjatratnis ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES