Peristiwa Daerah

Semarak Takbir Keliling Ratusan Warga Muslim Kuta

Selasa, 21 Agustus 2018 - 22:42 | 42.11k
Menyambut Hari Raya Idhul Adha sekitar 500 warga muslim Kuta, Badung, Bali, menggelar takbir keliling di wilayah Kuta, Selasa (21/8/2018). (FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)
Menyambut Hari Raya Idhul Adha sekitar 500 warga muslim Kuta, Badung, Bali, menggelar takbir keliling di wilayah Kuta, Selasa (21/8/2018). (FOTO: Khadafi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BADUNG – Menyambut Hari Raya Idhul Adha sekitar 500 warga muslim Kuta, Badung, Bali, menggelar takbir keliling di wilayah Kuta pada Selasa (21/8/2018) malam. 

Ratusan warga ini, sudah berkumpul sejak pukul 18.00 WITA di depan Lapangan Samudra, Kuta, Bali. Para bocah, anak gadis dan ibu-ibu muslimah sangat antusias mengikuti takbir keliling tersebut. Sementara para bapak-bapak menjaga anaknya agar tidak berlari-lari dan berbaris rapi, dan kawula muda kegirangan sambil menabuh beduk di atas mobil pikap sambil bertakbir. 

Dalam takbir keliling ini, ada tiga mobil pikap yang dihiasi miniatur masjid dan lampu kecil kelap-kelip sehingga terilihat semarak. Selepas adzan Isya, dan sambutan dari para toko-tokoh di Kuta, kemudian diadakan berdoa bersama.  

Pelepasan takbir keliling ini, ditandai dengan penyulutan api obor yang sudah di bawa oleh ratusan warga masing-masing. 

Warga muslim Kuta memulai dari Jalan Blambangan menuju Jalan Ken Dedes, lalu mengarah ke Jalan Bakung Sari Kuta dan kembali ke Lapangan Samudra.

Penasihat warga muslim Bakungan Kuta Muhammad Anwar menyampaikan, untuk saat ini ada sekitar 500 warga muslim dari berbagai tempat di wilayah Kuta yang ikut dalam takbir keliling tersebut.

Takbir-Keliling-4.jpg

"Harapan kami, hal ini menunjukan kebersamaan dan persaudaraan. Semoga dengan adanya ini (Takbir Keliling) bisa terus lestari sampai turun temurun dan bisa menjadi tolak ukur dari tempat-tempat yang lain. Apalagi daerah kita daerah pariwisata," ucapnya. 

Sementara Ketut Gede Arta selaku Seketaris Camat  Kuta yang juga hadir dalam takbir keliling ini, menyampaikan, bahwa sangat mengapresiasi kegiatan takbir keliling bagi warga muslim di Kuta. 

"Kita dari Pemerintah Daerah diberikan kehormatan untuk melepas ini. Selain itu, dengan adanya takbir keliling ini, kita juga bisa silturahmi dan hal ini juga rutin diadakan di Kuta. Tokoh-tokoh masyarakat kita juga hadir. Hal ini adalah bentuk kebersamaan kita," ujarnya. 

Menurut Arta, dengan adanya takbir keliling ini adalah momentum untuk mengajak masyarakat bersama-sama membangun daerah Kuta lebih baik kedepannya. Selain itu, adanya takbir keliling di wilayah Kuta, adalah untuk membangun nilai kebersamaan yang sangat penting sekali. 

"Mereka adalah saudara saya, dan Kuta ini milik kita bersama. Saya sangat mengapresiasi karena sumbangsi saudara-saudara kita sangat besar. Mudah-mudahan Kuta kedepannya menjadi yang terdepan untuk keragaman, kemajemukan, dan contoh tidak hanya di Bali tapi di tempat lain," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES