Kesehatan

Awas! Tidur yang Salah Memicu Masalah Kulit

Rabu, 22 Agustus 2018 - 05:14 | 21.47k
Cara tidur ternyata dapat memicu masalah kulit. (FOTO: Istimewa)
Cara tidur ternyata dapat memicu masalah kulit. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Munculnya keriput di wajah seiring bertambahnya usia seseorang adalah hal yang wajar. Banyak hal yang menjadi penyebab keriput di wajah. Selain faktor alami, keriput di wajah bisa disebabkan buruknya kualitas tidur atau cara tidur yang salah.

Tidur yang salah dapat menyebabkan wajah mengalami keriput dini. Lalu bagaimana mengatasinya? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut beberapa cara untuk meningkatkan rutinitas tidur untuk mencegah keriput pada wajah.

1. Coba bantal atau sarung bantal yang lebih baik
Pilih bantal yang dibuat untuk mengurangi stres fisik pada wajah Anda. Ada bantal khusus yang dirancang untuk mendukung leher Anda. Selain bantal, Anda bisa menggunakan sarung bantal dengan kain yang nyaman. Kain satin atau sutra mengurangi kemungkinan Anda mendapatkan lipatan pada kulit. Meskipun pada dasarnya keriput adalah sebuah proses alami akan tetapi adakalanya untuk tetap menjaga kedatangannya lebih awal.

2. Tidur yang cukup
Kurang tidur bisa mengganggu kesehatan secara umum, baik gangguan kesehatan fisik maupun mental, serta mempengaruhi penampilan Anda. Tidur adalah waktu utama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Hindari untuk melakukan kegiatan malam yang menyebabkan Anda tidak tidur. Tidur tujuh sampai delapan jam bisa membuat Anda tampak segar.

3. Perhatikan posisi tidur
Posisi tidur Anda dapat memiliki efek  pada kulit wajah. Tidur dengan menutupi wajah akan mendorong keriput, garis dan lipatan pada muka. Sedangkan tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri akan membuat wajah tertekan bantal dan mengurangi oksigen. Kebiasaan tidur dengan satu posisi akan menyebabkan kerutan yang tampak jelas di sekitar mata. 

4. Gunakan krim malam
Sebuah pelembab wajah yang dirancang untuk digunakan di malam hari dapat membantu meremajakan kulit dan memperbaiki kerusakan. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit akan melambat, memungkinkan kulit kehilangan elastisitasnya. Pada kulit dewasa juga memiliki sedikit minyak, yang dapat menyebabkan kulit kering dan menyebabkan  keriput terlihat.

5. Cuci muka sebelum tidur
Selalu cuci muka anda sebelum pergi tidur. Biasakan untuk menghapus minyak, keringat dan juga bekas make up sebelum pergi tidur. Dengan hal ini akan membantu Anda menjaga kesehatan wajah dan juga terhindar dari jerawar. Pori-pori kulit wajah yang tersumbat akan menyebabkan sel-sel baru tersumbat, sehingga muka cepat keliatan lelah dan keriput.

Itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keriput di wajah. Salah satu hal penting untuk mengatasi hal ini adalah menjaga kualitas tidur Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES