Pendidikan

Fadel Muhammad Jadi Guru Besar Kewirausahaan Publik FIA UB

Selasa, 21 Agustus 2018 - 19:42 | 57.51k
Fadel Muhammad akan segera dikukuhkan menjadi Guru Besar FIA UB pada Kamis (24/8/2018). (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)
Fadel Muhammad akan segera dikukuhkan menjadi Guru Besar FIA UB pada Kamis (24/8/2018). (FOTO: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUniversitas Brawijaya (UB) menambah satu guru besar, Fadel Muhammad Al-Haedar, dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA). Fadel Muhammad akan dikukuhkan sebagai guru besar pada Kamis (23/8/2018) mendatang.

Fadel menjadi guru besar bidang kewirausahaan sektor publik. Fadel akan membawakan pidato ilmiah 'Peran Kewirausahaan Sektor Publik Model Fadel untuk Peningkatan Kualitas Kinerja Pemerintah Daerah'.

Fadel menyebutkan kinerja pemerintah yang baik menurut Fadel adalah yang mampu menjadikan rakyat berpendapatan dan menumbuhkan kepercayaan publik (public trust). Adanya pendekatan kewirausahaan, pengelolaan pemerintahan, terutama pemerintah daerah yang harus diubah. 

"Komponen yang paling utama adalah cara pandang terhadap pengelolaan APBD. APBD harus dilihat dan diperlakukan sebagai modal untuk menciptakan keuntungan publik berupa meningkatnya pendapatan rakyat dan kepercayaan publik," kata Fadel, saat ditemui di Universitas Brawijaya, Selasa (21/8/2018).

Fadel menjelaskan dalam memaksimalkan kewirausahaan sektor publik, dia menemukan rumusan Model Fadel. Model ini terdiri dari tujuh poin untuk mengelola kewirausahaan sektor publik.

Pertama, kapasitas manajemen Kewirausahaan mempengaruhi secara signifikan terhadap Kinera Pemerintah Daerah. Kedua, budaya organisasi mempengaruhi secara signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Ketiga, faktor Endowment Daerah mempengaruhi secara signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. 

Keempat, faktor Lingkungan Makro mempengaruhi  secara signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Kelima, Budaya Organisasi mempengaruhi secara signifikan terhadap Kapasitas Manajemen Kewirausahaan. Keenam, Faktor Endowmen mempengaruhi secara signifikan terhadap Kapasitas Manajemen Kewirausahaan. 

"Ketujuh, Faktor Lingkungan makro mempengaruhi secara signifikan terhadap Kapasitas Manajemen Kewirausahaan," tambahnya.

Fadel mengatakan Model Fadel yang ditemukannya sudah pernah diujikan dalam disertasi doktoral di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Admistrasi Negara, Universitas Gajahmada. 

Ia menyebutkan Model Fadel mampu meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah dalam pelayanan publik. Ia menyebutkan model Fadel ini dapat direplikasi ke berbagai daerah dengan melakukan modifikasi sesuai karakter masing-masing.

"Gaya pemerintahan wirausaha ini mampu menghasilkan pelayanan publik yang lebih efektif, dan responsif serta dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan publik," terangnya.

Pengukuhan Fadel Muhammad Al-Haedar sebagai Guru Besar FIA UB ini akan berlangsung di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya pada Kamis (23/8/2018). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES