Politik Jokowi-Makruf Amin

Arah Dukungan Ahok Bakal Tingkatkan Keyakinan Pemilih Non Muslim

Selasa, 21 Agustus 2018 - 18:27 | 151.50k
mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menilai dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) ke pasangan Joko Widodo - KH. Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 bakal memberikan dampak di kantong suara pemilih non muslim.

"Saya kira iya, ketika Ahok masuk menjadi salah satu tim Jokowi akan menambah atau meyakinkan pemilih non muslim untuk tidak meninggalkan Jokowi-Ma'ruf," katanya di Gedung LSI, Rawamangun, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Meski demikian, menurut dia, pemilih non muslim dan pemilih Muslim bisa lari meninggalkan Paslon Jokowi - KH. Ma'ruf Amin apabila pendekatan yang digunakan tak elegan.

"Cara masuknya harus elegan, kalau tidak hati-hati akan membuat pemilih muslim akan lari. Jadi mungkin strateginya akan silent, kita lihat beberapa waktu lalu ada statemen Ahok masuk tim tapi akhirnya meredam. ini artinya mereka sadar dengan masuknya Ahok akan mengganggu segmen pemilih muslim Jokowi sehinggga mungkin strateginya akan tertutup,Ahok masuk hanya akan mengkonsolidasikan pemilih non muslim yang saat ini terkejut dipilihnya Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi," kata peneliti LSI Denny JA ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES