Peristiwa Daerah

PMK Coba Akses Masuk Aerial Ladder Truck ke Gedung Bertingkat

Selasa, 21 Agustus 2018 - 18:16 | 57.00k
Dinas Penanggulangan Kebakaran Pemkot Batu melakukan inspeksi untuk mencoba akses masuk Aerial Ladder Truck ke RS Baptis. (FOTO: M Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Dinas Penanggulangan Kebakaran Pemkot Batu melakukan inspeksi untuk mencoba akses masuk Aerial Ladder Truck ke RS Baptis. (FOTO: M Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Satu unit Aerial Ladder Truck (mobil PMK tangga) milik PMK Kota Batu meluncur dengan kecepatan tinggi menuju ke rumah sakit Baptis, Selasa (21/8/2018) siang.

Suara sirene meraung-raung mengiringi kecepatan laju truk ini. Dengan mulus, truk ini memasuki kawasan rumah sakit dan langsung menuju gedung rumah sakit yang berlantai 4.

Namun ketika akan mendekati gedung bertingkat, truk PMK bertangga ini tidak bisa belok karena jalan terlalu menikung dan jalan menuju parkir yang terlalu tinggi, hingga truk tidak bisa melewatinya.

PMK-Kota-Batu-a.jpg

Untungnya, saat itu tidak sedang terjadi kebakaran, namun hanya sekedar sebuah simulasi untuk memastikan truk tangga ini bisa masuk ke areal rumah sakit.

“Hari ini kita lakukan inspeksi ke RS Baptis, salah satu fokus yang kita laksanakan lebih spesifik yakni akses truk bisa masuk ke RS tanpa halangan,“ ujar Kabid Operasional Dinas Penanggulangan Kebakaran Pemkot Batu, Santoso Wardoyo.

Aerial Leader Truk ini memiliki bobot seberat 13 ton dengan ketinggian 24 meter, hingga dibutuhkan akses masuk yang cukup lebar. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan percobaan ini, karena halangan terbesar truk ini adalah gapura atau jalan yang sempit.

Jika ada kendala, Dinas Penanggulangan Kebakaran akan merekomendasikan perubahan bangunan untuk keamanan rumah sakit itu sendiri.

“Tadi setelah kita coba ada beberapa titik kendala, seperti jalan yang agak sempit berkelok dan jalan yang terlalu tinggi menuju ke parkiran hingga kita merekomendasikan perubahan fisik bangunan, “ ujar Santoso.

Mengenai tinggi gedung yang mencapai empat lantai, menurut Santoso hal itu tidak menjadi masalah karena tangga truk pemadam ini mampu menjangkau gedung berlantai tujuh hingga delapan lantai.

Inspeksi ini akan terus dilakukan PMK mengingat di Kota Batu banyak gedung bertingkat seperti Pohon Inn, hotel di Jatim Park 3, Aston Hotel hingga beberapa hotel lainnya.

“Jumlah hotel bertingkat di Kota Batu sudah mencapai puluhan hotel, kita akan cek satu persatu gedung bertingkat tersebut, khususnya terkait akses truk tangga,“ katanya.

Kabid Operasional Dinas Penanggulangan Kebakaran Pemkot Batu ini mengimbau kepada pemilik gedung agar kooperatif dengan pelaksanaan inspeksi yang dilakukan PMK ini, karena semua itu dilakukan demi keselamatan pengguna dan pemilik gedung itu sendiri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES