Kuliner

Menikmati Kuliner Khas Belitung Bernuansa Jadul

Selasa, 21 Agustus 2018 - 18:07 | 196.26k
Rumah Makan Belitung Timpo Duluk. (FOTO: bobocantik)
Rumah Makan Belitung Timpo Duluk. (FOTO: bobocantik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mencari tempat makan enak di Belitung memang sangat gampang. Anda bisa menjumpainya hampir di setiap penjuru pulau. Namun, kalau ingin tempat makan enak yang spesial, datang saja ke Rumah Makan Belitong Timpo Duluk. Rumah makan ini menjadi salah satu tempat berburu kuliner yang wajib saat berada di Belitung.

Di sini, wisatawan bisa menemukan deretan kuliner khas Belitung dalam berbagai macam. Menariknya lagi, desain interior dan eksterior bangunan juga sengaja dibuat dengan desain tradisional. Alhasil, suasana klasik zaman dulu benar-benar terasa ketika memasuki bangunan rumah makan. Meski, sejatinya Rumah Makan Belitong Timpo Duluk merupakan rumah makan yang baru berdiri pada 2013. 

Bangunan kuno pada rumah makan ini dikenal dengan nama Rumah Simpor Bedulang. Kabarnya, rumah kuno ini dibangun pada tahun 1960 dan merupakan milik dari pasangan suami istri Bapak Abu Zaman dan Ibu Kasma. Bangunan tersebut sempat mengalami renovasi pada 1970. Hanya saja, renovasi itu dilakukan tanpa mengubah bentuk asli bangunan. 

Pada tahun 2011, rumah tersebut dijual dan akhirnya berpindah tangan ke Bapak Isyak Meirobie yang kemudian mengubah rumah ini jadi rumah makan pada 2013. Unsur budaya khas Belitung terlihat sangat kental di dalam rumah ini. Tak heran kalau mereka menggunakan beragam jenis peralatan tradisional zaman dulu untuk mempercantik interior ruangan bangunan. 

Hanya saja, upaya untuk menjaga keaslian desain ruangan membuat rumah makan ini memiliki kapasitas yang terbatas. Secara total, Ruma Makan Belitong Timpo Duluk hanya mampu menampung sebanyak 70 tamu. Tak heran kalau rumah makan ini hampir selalu ramai, terutama di jam makan siang dan makan malam pada hari libur. 

Pilihan makanan yang bisa dijumpai di sini juga beragam. Pemilik rumah makan mengklaim kalau resep makanan yang disajikan di sini merupakan resep otentik keluarga turun-temurun sejak tahun 1918. Pilihan menu yang bisa ditemukan di antaranya adalah gangan laut, gangan darat, gangan kelapa muda, sate ikan, nasi gemok, berego, dan lain-lain. 

Semua sajian itu bisa dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau. Sembari menikmati kuliner khas Belitung, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berburu foto unik di dalam bangunan. Apalagi, di sini Anda dapat menemukan objek foto yang begitu menarik, berupa desain ruangan bangunan kuno yang terjaga keotentikannya. Jangan lupa untuk cek harga tiket murah dan hotel budget yang disediakan oleh Airy ya jika berencana mengunjungi kota yang satu ini.

Lokasi Ruma Makan Belitong Timpo Duluk

Ruma-Makan-Belitong.jpgSource : tripadvisor

Lokasi rumah makan ini cukup mudah dijangkau, beralamat di Jalan Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan. Lokasi tersebut berada sangat dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan, berjarak sekitar 10 menit perjalanan. Tempat ini buka mulai pukul 11.30 sampai 21.30.

Kunjungan ke Ruma Makan Belitong Timpo Duluk hanyalah satu dari sekian banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Belitung. Anda bisa menyempatkan datang ke lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi, seperti Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Batu Berlayar, dan lain-lain. 

Semua kegiatan menarik itu bisa Anda lakukan cukup dengan memesan tiket murah promo ke Belitung yang ditawarkan oleh layanan Airy. Proses pemesanannya juga sangat mudah, cukup dengan menggunakan aplikasi atau mengunjungi secara langsung ke situs resmi mereka. Selanjutnya, Anda tinggal menyusun itinerary selama berada di Negeri Laskar Pelangi. Selamat berlibur dan bersenang-senang, ya!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES