Politik

Prabowo-Sandi Menang di Pemilih Kaum Terpelajar, Jokowi-KH Ma'ruf Amin Disukai Perempuan

Selasa, 21 Agustus 2018 - 15:30 | 46.54k
Rilis Survei LSI Denny JA. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)
Rilis Survei LSI Denny JA. (FOTO: Alfi Dimyati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengungkapkan, bahwa kalangan terpelajar lebih condong memilih Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno ketimbang Pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

"Untuk Kaum terpelajar dengan pendidikan minimal pendidikan S1 (Strata Satu, Sarjana) Prabowo-Sandi lebih unggul," katanya, di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, pasangan Prabowo-Sandi dikantong suara pemilih kaum terpelajar mendapatkan 44,5 persen suara, sedangkan untuk Jokowi - KH Ma'ruf Amin sebesar 40,4 persen. Sementara suara yang belum menentukan sebesar 15,1 persen.

Untuk kantong suara dari kalangan perempuan suara Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul jauh dengan mendapatkan suara sebesar 50,2 persen ketimbang Prabowo-Sandi di pemilih perempuan yang hanya mendapatkan 30 persen.

Sementara pemilih perempuan yang belum menentukan sebesar 19,8 persen.

Lantaran suaranya kalah jauh di katong suara perempuan, kata dia, tim pemenangan Prabowo - Sandiaga akan bekerja maksimal guna mengkatrol ketertinggalan tersebut.

"Ini yang sedang dicoba diambil Prabowo-Sandi, tetapi pengaruhnya belum signifikan," katanya.

Tak hanya dikantong suara pemilih perempuan, Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga unggul di kantong suara Pemilih muslim dengan mendapatkan suara sebesar 52,7 persen, sementara Prabowo - Sandi hanya memperoleh suara sebesar 27,9 persen.

Sedangkan pemilih muslim yang belum menentukan yakni sebesar 19,4 persen.

Selanjutnya dari pemilih Minoritas paslon Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga mengungguli Prabowo - Sandi dengan mendapatkan suara sebesar 47,5 persen. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan suara sebesar 43,6 persen.

Sedangkan pemilih minoritas yang belum menentukan arah yakni sebesar 8,9 persen.

Kemudian dari kantong suara Wong Cilik paslon Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga mengungguli Prabowo-Sandi dengan mendapatkan suara sebesar 54,7 persen, sementara Prabowo - Sandi memperoleh suara sebesar 25,2 persen.

Sedangkan yang belum menentukan sebesar 20,1 persen.

Senada dengan kantong suara Wong Cilik, di kantong suara Milenial paslon Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga unggul menyalip Prabowo-Sandi dengan mendapatkan suara sebesar 50,8 persen, sementara Prabowo-Sandi sebesar 31,8 persen. 

Sedangkan yang belum menentukan sebesar 17,4 persen.

Sekedar informasi, Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling yang melibatkan 1200 responden. Adapun Margin of error pada survei ini yakni sebesar +- 2,9 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES