Peristiwa Nasional Jemaah Haji Indonesia 2018

Wukuf di Arafah, Menag RI Tebar Tujuh Pesan untuk JCH Indonesia

Selasa, 21 Agustus 2018 - 15:03 | 19.22k
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di depan jemaah calon haji yang tengah wukuf (Foto: kemenag)
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di depan jemaah calon haji yang tengah wukuf (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Di depan jemaah calon haji atau JCH Indonesia, Menag RI (Menteri Agama RI) Lukman Hakim Saifuddin memberikan sambutan sekaligus tujuh pesan saat melaksanakan wukuf di Arafah, Senin (20/8/2018) siang waktu Arab Saudi.

Dalam pesannya, Menag meminta jemaah untuk senantiasa bersyukur atas nikmat kesempatan berada di tempat dan hari agung ini. "Alhamdulillah kita mendapat kesempatan hadir di tempat ini bersama jutaan manusia dari seluruh penjuru bumi," ujarnya. 

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa Allah membanggakan umat-Nya yang bersusah payah hadir dari berbagai penjuru dunia. "Oleh karenanya, Allah kemudian mendekat kepada hamba-Nya di hari Arafah, dengan menurunkan rahmat, kemulian dan maghfirah (ampunan)-Nya," sambung Menag.

Pada pesan ketiga, Menag menyatakan jika saat wukuf maka jemaah berada di dimensi ruang dan waktu yang sangat istimewa. Karenanya ia meminta jemaah mendoakan bangsa dan negara Indonesia agar selalu dilindungi Allah SWT, termasuk untuk warga Lombok yang tengah ditimpa musibah gempa bumi.

Keempat, Menag juga menyinggung bahwa pelaksanaan wukuf kali ini hanya berselang beberapa hari dari perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia. Untuk itu, rasa syukur tak terhingga atas nikmat kemerdekaan itu layak dipanjatkan dari tempat mulia ini.

Sementara pesan kelima, Menag mengingatkan kembali pesan Rasulullah saat haji wada 15 abad silam yakni kewajiban muslim menjaga darah, harta dan kehormatan. Dan keenam, Menag menyebut keimanan sejati dapat dibuktikan dengan cinta sesama dan penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Terakhir, Menag menegaskan jika salah satu prinsip Islam dalam membangun masyarakat adalah menyatukan individu-individu.

"Semangat persaudaraan itulah yang menggerakkan kaum muslimin di Madinah untuk menyambut hangat kedatangan kaum muhajirin. Semangat ini penting untuk kita kembangkan, kaitannya menyongsong pesta demokrasi 2019," pesan Menag RI pada jemaah calon haji atau JCH Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES