Pendidikan

Mahasiswa Unuja Tularkan Jurnalisme Positif di Pondok Pesantren

Selasa, 21 Agustus 2018 - 13:51 | 138.45k
Pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Lubbul Labib, Maron, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko/TIMES Indonesia)
Pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Lubbul Labib, Maron, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOMahasiswa Universitas Nurul Jadid (Unuja), Kabupaten Probolinggo, Jatim, melatih santri Pondok Pesantren Lubbul Labib di Desa Kedungsari, Kecamatan Maron, kabupaten setempat dengan keterampilan jurnalisme positif.

Pelatihan dilakukan empat kali dalam sepekan, lewat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pesantren. Pelatihan dimulai sejak pekan terakhir Juli, dan terus berlangsung hingga pekan ketiga Agustus ini.

Ketua Kelompok KKN di Pondok Pesantren Lubbul Labib, Barirotul Ummah mengatakan, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan keterampilan santri di bidang jurnalistik dan tulis menulis.

Dengan keterampilan itu, santri diharapkan bisa berbagi cerita positif tentang kehidupan dan khazanah pesantren, kepada khalayak. Mereka juga bisa berbagi tentang materi pengajian yang relevan dengan masalah kekinian lewat tulisan.

"Lewat cerita-cerita tentang kehidupan pesantren lewat tulisan yang positif, mereka bisa memberi inspirasi kepada yang lain. Ini juga menjadi bagian dari kampanye Ayo Mondok," katanya.

Selama pelatihan, peserta didorong untuk menghasilkan karya tulis tentang topik di lingkungan pesantren. Tak hanya karya jurnalistik, tapi juga artikel, cerpen, puisi/sajak atau lainnya yang berbau positif.

Karya tulis yang dihasilkan, kemudian diterbitkan dalam bentuk majalah dinding. "Setelah hampir sebulan berlatih bersama mahasiswa, saya akhirnya bisa dan pede menulis," kata Wardah, salah satu peserta pelatihan.

Wardah merasa senang. Tak hanya karena bisa dan pede menulis, tapi juga karena karya tulisnya dibaca banyak oleh banyak temannya di masing. Semoga menginspirasi," harapnya.

Dengan keterampilan yang dimiliki, pelajar Madrasah Aliyah (MA) ini kini begitu bersemangat untuk berbagi kebaikan lewat jurnalisme positif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES