Kesehatan

Tak Hanya Menghangatkan Badan, Ini Manfaat Lain Kayu Secang

Selasa, 21 Agustus 2018 - 05:16 | 342.08k
Minuman hangat dari Kayu Secang. (FOTO: Istimewa)
Minuman hangat dari Kayu Secang. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda mendengar kayu secang? Biasanya kayu secang sering diolah menjadi minuman hangat oleh orang-orang Jawa. Minuman ini dikenal dengan "wedang secang". Minuman ini biasanya diminum untuk menghangatkan tubuh.  Wedang secang juga menyimpan khasiat sehat lainnya. Apa saja manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh?

Kandungan bahan aktif dalam kayu secang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit kulit, diare, hingga disentri. Dilansir dari Hello Sehat, berikut manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh, seperti dikutip dari artikel yang ditulis oleh Shrishailappa Badami dan rekannya dari J.S.S Collage of Pharmacy.

1. Antitumor

Salah satu manfaat kayu secang yang sudah banyak diteliti adalah sifat antitumornya. Ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50 persen etanol dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor pada tikus lab.

Tumor adalah perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Tumor ada yang bersifat jinak, tapi ada juga yang ganas dan bersifat kanker.

2. Antibakteri

Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri.

Potensi manfaat kayu secang untuk melawan bakteri diketahui muncul ketika air secang ditambahkan dengan etanol 95 persen sebagai pelarut minyak esensial.

3. Antiradang dan Merangsang Sistem Imun

Berdasarkan penelitian, kayu batang secang dapat bersifat antiradang. Di antara 130 obat-obatan herbal yang diuji, kayu secang menjadi bahan obat herbal yang bisa mencegah penghambatan aktivitas hyaluronidase, yaitu protein yang dirancang secara genetik untuk menyebabkan peradangan.

4. Menurunkan Gula Darah dan Menjaga Kesehatan Hati

Pada sebuah penelitian, ekstrak kayu secang dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus degan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula dalam tubuh berada di bawah normal. Selain itu, senyawa brazilin juga dipercaya melindungi dan menjaga fungsi hati agar terus sehat.

Itulah manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh. Meski beberapa manfaatnya masih dalam uji coba, wedang secang tetap bisa Anda konsumsi sebagai minuman hangat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES