Kesehatan

Membuat Kuku Lebih Cantik, Ternyata Kuteks Bisa Membahayakan Kesehatan, Lho

Selasa, 21 Agustus 2018 - 02:35 | 259.30k
Kuteks. (FOTO: Tribunnews)
Kuteks. (FOTO: Tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kuteks atau cat kuku menjadi bagian kosmetik yang sering digunakan para wanita. Memakai kuteks bisa membuat kuku lebih menarik. Warna-warni bahkan motif kutek yang beragam membuat jari-jari tangan lebih cantik. Meski demikian, pakar kesehatan menyebutkan jika ada bahaya memakai kuteks ini. Ternyata kuteks bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan, seperti dilansir dari Dokter Sehat, menyebutkan jika kuteks ternyata banyak memiliki bahan kimia berbahaya yang bisa memicu masalah keguguran hingga perkembangan yang abnormal pada kandungan. Bahkan, pakar kesehatan Deanne Robinson, MD, yang berasal dari FAAD, Connecticut Dermatology Group di Norwalk, Amerika Serikat, menyebutkan jika 10 persen dari puluhan ribu bahan kimia pada berbagai produk perawatan layaknya kuteks sangatlah berbahaya bagi kesehatan wanita.

Robinson sendiri menyebutkan jika telah ada hasil penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan yang menunjukkan jika kuteks ternyata kaya akan kandungan zat kimia berbahaya yang akan mempengaruhi kadar endokrin pada tubuh dan juga sistem reproduksi.

Robinson sendiri menyebutkan jika ada tiga bahan kimia dari kuteks yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan perlu dihindari. Apa saja?

1. Dibutyl phthalates. Bahan kimia pada kuteks ini bisa sangat menggangu endokrin pada tubuh wanita dan sangat berbahaya bagi sistem reproduksi.

2. Kuteks yang mengandung karsinogen dapat memicu beberapa jenis kanker. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika bahan inilah yang bertanggung jawab pada munculnya kanker pada rongga hidung dan juga leukemia atau kanker darah.

3. Zat kimia pada kuteks diyakini akan memberikan pengaruh buruk pada sistem saraf pusat dan juga masalah reproduksi. Fakta ini didapatkan dari data yang ada dalam California’s Proposition 65 dimana bahan kimia ini bisa memicu penyakit kanker, kecacatan saat lahir pada bayi, dan gangguan reproduksi lainnya.

Sebaiknya Anda kini lebih bijak dalam memakai kuteks demi kesehatan tubuh. Pilihlah kuteks yang aman dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya agar terhindar dari bahaya memakai kuteks. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES