Ekonomi

Angkat Potensi Desa, Desa Sempol Gelar Lomba Desain Batik 'Bunga Sempol'

Senin, 20 Agustus 2018 - 15:36 | 140.70k
Batik tulis bertema
Batik tulis bertema "Buga Sempol" hasil kerajinan batik tulis desa Sempol kecamatan Prajekan Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka mengangkat potensi desa. Kepala Desa Sempol, Muhammat Husen, gelar lomba desain batik dengan tema “Bunga Sempol”, Senin (20/8/2018).

Tema “Bunga Sempol” sengaja ditonjolkan, dalam kerajinan batik di Desa Sempol, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur betujuan mengenalkan ikon, dan simbol yang melatarbelakangi nama desa tersebut.

Pantauan TIMES Indonesia, peserta lomba, yang terdiri dari ibu-ibu sangat antusias mendesain batik, dengan menonjolkan bunga Sempol.

Lomba-Desain-Batik.jpg

“Ini salah satu upaya pemerintah desa, mempercepat perkembangan desa itu sendiri. Bagaimana, potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan,” kata Husen.

Harapannya, batik bunga sempol bisa terkenal, membuka lapangan pekerjaan, yang berujung pada penambahan income masyarakat desa.

Menurutnya, bahwa di desa  Sempol, Kecamatan Prajekan tersebut, terdapat beberapa unggulan desa. Di antranya, kerajinan topeng konah, batik dan home industry seperti kripik dan krupuk.

Husen menjelaskan, bahwa kendala saat ini, adalah di bidang pemasaran karena masih lingkup Kecamatan Prajekan.

Sementara itu, Fathu Razi, ketua Bumdes di desa tersebut mengatakan. Pemerintah Desa Sempol, berupaya menjadikan desa tersebut, desa yang mendiri secara ekonomi.

Lomba-Desain-Batik-2.jpg

“Kami berharap, agar pemerintah daerah Bondowoso, memperhatikan potensi yang ada di desa kami,” harapnya.

Pihaknya juga berharap, Pemkab Bondowoso juga mencarikan jalan keluar. Terutama, di pemasaran.

Acara yang juga bekerja sama dengan mahasiswa KKN Unej (Universitas Jember) tersebut, dilaksanakan di Balai Desa Sempol.

Lomba-Desain-Batik-3.jpg

Pada malam harinya, atau pada malam penutupannya yang dilaksanakan Senin (20/8/208) malam. Akan ditampilkan tarian Topeng Konah dan Singo Ulung.

Desa Sempol, Kecamatan Prajekan, yang dipimpin Muhammat Husen tersebut. Akan terus memberikan pelatihan desain batik Bunga Sempol, bagi para warganya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES