Glutera News

Sebanyak 93,5 Persen Orang Indonesia Kurang Konsumsi Serat

Senin, 20 Agustus 2018 - 08:35 | 302.03k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sayur dan buah merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Penting bagi kita untuk memperhatikan kecukupan jumlah konsumsi buah dan sayur setiap hari. Karena porsi buah dan sayur yang cukup sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013,  93,5 persen penduduk Indonesia di atas usia 10 tahun kurang mengonsumsi buah dan sayur. Sementara itu, Kementerian Pertanian pada 2013 mencatat konsumsi sayur penduduk Indonesia hanya 40,35 kg/kapita/tahun dan konsumsi buah hanya 34,55 kg/kapita/tahun.

Angka tersebut sangat rendah jika dibandingkan dengan anjuran Food and Agriculture Organization (FAO) yang mengidealkan konsumsi sayur dan buah di Indonesia minimal 91,25 dan 73 kg/kapita/tahun.

Berbagai kajian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol darah. Konsumsi sayur dan buah yang cukup juga menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup merupakan salah satu indikator sederhana gizi seimbang.

Badan Kesehatan Dunia secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah, (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

Bagi masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

Dalam mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari sebenarnya kita perlu mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sesuai Permenkes No. 41 Tahun 2014. Sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

Berdasarkan penjelasan di atas, selalu perhatikan porsi konsumsi buah dan sayur Anda. Konsumsi dua jenis makanan tersebut sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES