Kesehatan

Benarkah Cabai Bisa Mencegah Stroke?

Senin, 20 Agustus 2018 - 07:42 | 30.42k
Stroke. (FOTO: HealthLiving.today)
Stroke. (FOTO: HealthLiving.today)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Cabai bukan hanya bermanfaat menambah cita rasa masakan. Dibalik rasanya yang pedas, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita sering mengonsumsinya. Apa saja manfaat cabai untuk kesehatan tubuh?

Sensasi pedas dari cabai bisa membuat nafsu makan meningkat. Selain itu, cabai ternyata juga kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa cabai ternyata kaya akan kandungan fosfor dan kalsium.

Kandungan kalsium dalam cabai ini ternyata lebih banyak dari ikan segar. Selain itu, kandungan beta karoten cabai juga 9 kali lebih banyak dari yang ada di dalam paprika hijau.

Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa cabai rawit bisa mencegah datangnya stroke. Penyakit lain yang bisa dicegah jika kita rutin mengonsumsinya adalah penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, dan impotensi.

Kandungan capsaicin di dalam cabailah yang bisa membantu darah tetap dalam kondisi encer dan tidak mudah menggumpal. Hal ini bisa mencegah datangnya stroke.

Stroke seringkali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti membiarkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, tidak menerapkan pola makan yang sehat, malas berolahraga, mudah stres, merokok, hingga kurang tidur.

Anda bisa mencegah stroke dengan mengonsumsi cabai. Namun untuk mendapatkan manfaat cabai untuk kesehatan tubuh, Anda harus memperhatikan seberapa banyak Anda makan cabai. Jangan berelebihan karena hal ini justru bisa menimbulkan risiko untuk kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES