Glutera News

Awas! Menaruh Dompet di Saku Belakang Memicu Penyakit

Minggu, 19 Agustus 2018 - 12:41 | 103.87k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sudah menjadi rahasia umum jika seorang pria gemar menaruh dompet di saku celana bagian belakang. Bahkan, celana pria juga kerap kali dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tapi, sadarkah Anda, jika kebiasaan itu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini memicu suatu penyakit yang berbahaya bernama Hip Pocket Syndrome (HPS).

Melansir stocktonchiropractic.co.uk,  Hip Pocket Syndrome (HPS) bisa terjadi akibat tekanan dompet pada saraf yang terletak di bagian pantat. Siapa sangka, tekanan ini mempengaruhi saraf tulang belakang, panggul, dan selangka.

Banyak orang tak menyadarinya dikarenakan tubuh sudah beradaptasi dengan tonjolan yang disebabkan oleh dompet. Jika Anda menyimpan dompet di saku kanan, maka akan membuat sisi kanan lebih tinggi dari pada sisi kiri, sehingga tulang punggung menjadi tidak seimbang.

Tekanan yang disebabkan oleh dompet yang mempengaruhi saraf panggul akan memicu sakit di bagian kaki, menimbulkan rasa kebas, juga rasa geli.

Pria yang sering duduk dengan dompet di saku belakang, akan memiliki risiko besar mengalami kerusakan saraf-saraf kunci akibat tekanan dari dompet. Penyakit yang juga dijuluki Wallet Neuropathy ini rentan dialami oleh mereka yang sering berkendara dengan menyimpan dompet di saku celana mereka. Karena panggul dan pinggul merupakan pondasi dari tulang belakang, semua yang berada di pondasi tersebut akan terkena dampak dari tekanan ini.

Seperti dilansir dari Sehatmagz, hal ini bisa memicu terjadinya disfungsi sendi sacroiliac. Dampak jangka panjangnya akan mengakibatkan tekanan pada tulang punggung dan postur tubuh yang menimbulkan rasa sakit. Bila terlanjur parah, penderita bahkan akan kesakitan dan tidak nyaman untuk berjalan, duduk, maupun berbaring.

Para ahli psikoterapi menyarankan penderita HPS untuk tak lagi menyimpan dompet di saku belakang celana. Untuk menghindari risiko gangguan saraf pada tulang belakang, kamu bisa menerapkan cara ini.

1. Lakukan sedikit peregangan sebelum duduk.
2. Keluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk meskipun nggak tebal.
3. Letakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas.
4. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga nggak mengganggu saraf dan struktur tulang dan ototmu berfungsi dengan benar.
5. Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan nggak memperburuk keadaan.

Mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk menaruh dompet di saku celana agar tak mengalami Hip Pocket Syndrome. Selalu perhatikan kebiasaan Anda demi kesehatan tubuh Anda, baik kini maupun di masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES