Peristiwa Daerah 73 Indonesia Berprestasi

Begini Serunya Pesta Rujak Ulek Seribu Cobek di Lamongan

Minggu, 19 Agustus 2018 - 11:34 | 41.63k
Ibi-ibu dari Desa Gedangan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, dengan suka cita mengikuti Festival Rujak Ulek Seribu Cobek, Minggu, (19/8/2018). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Ibi-ibu dari Desa Gedangan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, dengan suka cita mengikuti Festival Rujak Ulek Seribu Cobek, Minggu, (19/8/2018). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Hari ini sepanjang jalan masuk Desa Gedangan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), jadi tempat pesta rujak ulek. Jalanan terlihat penuh sesak oleh warga yang mengikuti Festival Rujak Ulek Seribu Cobek yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke 73 Republik Indonesia (RI).

Pesta rujak ulek seribu cobek yang diselenggarakan tepat di depan Gapura desa ini diikuti hampir seluruh kaum perempuan di desa tersebut, mulai dari ibu-ibu hingga nenek-nenek. Bahkan ada juga salah satu peserta yang mengulek rujak sambil menggendong anaknya yang masih balita.

Festival-Rujak-Ulek-2.jpg

Para peserta mengaku sangat senang dengan diadakannya pesta rujak ulek ini, karena selain untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI, pesta rujak ulek ini juga membuat warga desa gedangan bisa berkumpul menjadi satu.

"Senang, karena warga sini sangat antusias untuk memeriahkan 17 Agustus ini," kata Susilo Wati disela mengulek bahan rujaknya, Minggu, (19/8/2018).

Meski baru pertama kali diselenggarakan, namun ibu-ibu nampak begitu semangat, mereka sampai rela membawa peralatan dan bahan-bahan rujak dari rumahnya masing-masing.

Festival-Rujak-Ulek-3.jpg

"Warga ini membawa cobek sindiri dari rumah, sama peralatan lainnya, bahan rujak juga bawa dari rumah," tutur Susilo dengan raut wajah penuh kegembiraan.

Bahkan ada juga warga yang mengaku melakukan persiapan selama satu bulan, untuk menyiapkan kostum yang dipakai dalam pesta rujak ulek ini. Karena keseragaman kostum juga akan menjadi jilai tambah selain kekompakan mengulek dan cita rasa rujak.

Festival-Rujak-Ulek-4.jpg

"Persiapannya satu bulan mas, demi ikut rujak ulek ini," ucap Siti Khotimah.

Suasana semakin meriah, ketika para peserta sedang serius mengulek, namun tiba-tiba panitia meminta seluruh peserta untuk berdiri dan berjoget dengan diiringi lagu berjudul Syantik, yang saat ini tengah populer.

Aturan permainan pesta rujak ulek itu terus dilakukan berulang kali hingga racikan rujak tuntas dikerjakan oleh peserta Festival Rujak Ulek Seribu Cobek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES