Peristiwa Daerah 73 Indonesia Berprestasi

GPP Bentangkan Bendera Raksasa di Stadion Datu Adil Tarakan

Minggu, 19 Agustus 2018 - 07:30 | 156.37k
Bendera merah putih raksasa berukuran 120 x 50 m, yang dibentangkan di Stadion Datu Adil Tarakan, Kalimantan Utara. (FOTO: GPP for TIMES Indonesia)
Bendera merah putih raksasa berukuran 120 x 50 m, yang dibentangkan di Stadion Datu Adil Tarakan, Kalimantan Utara. (FOTO: GPP for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Ratusan pemuda yang tergabung dalam aliansi Gerakan Pemuda Perbatasan (GPP) membentangkan Bendera Merah Putih raksasa berukuran 120 m x 50 m di Stadion Datu Adil Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara), Jumat (17/8/2018). Pembentangan bendera raksasa ini menghiasi peringatan HUT Ke-73 RI di Kota Panguntaka itu. 

GPP merupakan gabungan dari 18 organisasi pemuda yang ada di Tarakan. Diantaranya organisasi pelajar, pramuka, organisasi ekstra kampus, ormas, serikat pekerja, pecinta alam dan komunitas motor. Pemuda dianggap sebagai pelopor dan penerus yang akan memimpin bangsa ini.

GPP-Bentangkan-Bendera-Raksasa-2.jpg

Che Ageng, yang mewakili Koordinator Lapangan kegitan Zainal, saat dihubungi melalui WhatsApp mengatakan bahwa kegiatan pembentangan bendera raksasa ini bertujuan untuk menyatukan seluruh pemuda di Tarakan saat detik-detik proklamasi, sekaligus ikut meramaikan euforia HUT Ke-73 RI.

Lebih lanjut ia menceritakan, bendera raksasa yang berukuran kurang lebih 6000 meter persegi ini, sebenarnya dibuat pada tahun 2017 lalu di daerah jawa seharga Rp.60 juta. Dananya berasal dari para donatur. "Seharusnya bendera ini sudah terpasang saat HUT RI 2017 lalu. Namun, karena ada kesalahan teknis dalam pengiriman, datangnya tidak tepat waktu. Sehingga lewatlah momen detik-detik proklamsi tahun 2017," kisahnya, Sabtu (18/8/2018) sore.

GPP-Bentangkan-Bendera-Raksasa-3.jpg

Che, yang juga anggota BPK Ormas Oi Tarakan itu berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan jiwa nasionalisme para pemuda serta dapat menumbuhkan rasa persaudaraan antar organisasi. 

"Kami yg berbeda suku, agama dan organisasi secara bersama-sama bisa bersatu membentangkan bendera merah putih di stadion Datu Adil. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan kami," ungkap Che.

Selain membentangkan merah putih, aliansi ini juga membentangkan salah satu bendera negara timur tengah, Palestina. "Dengan menyandingkan bendera Palestina dengan bendera kita, kami berharap kemerdekaan yang kita rasakan selama 73 tahun ini, nantinya juga dirasakan oleh saudara-saudara kita di Palestina," kata anggota BPK Ormas Oi Tarakan itu.

Dipilihnya Stadion Datu Adil Tarakan karena venue olahraga tersebut dianggap memiliki tempat yang luas dan pas, mengingat Bendera Merah Putih di HUT Ke-73 RI yang dibentangkan oleh GPP juga berukuran raksasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES