Peristiwa Daerah 73 Indonesia Berprestasi

1945 Obor meriahkan Pawai Budaya Nusantara Desa Sukorejo

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:45 | 63.29k
Salah satu warga saat membawa obor di Pawai Budaya Nusantara Desa Sukorejo (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Salah satu warga saat membawa obor di Pawai Budaya Nusantara Desa Sukorejo (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Ribuan warga Desa Sukorejo, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pawai obor. Sebanyak 1945 obor diarak oleh warga mengelilingi kampung. Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-73 RI. 

Tak hanya obor, puluhan ogoh-ogoh yang terbuat dari bambu juga memeriahkan pawai yang digagas Pemdes Sukorejo. Sembari mengarak obor, beberapa warga juga serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Selain membawa obor, warga tiap RT mengenakan kostum nusantara dengan baju adat nusantara antara lain pakaian adat Betawi, Jawa, Aceh, hingga Papua. Ada pula satu kelompok dengan mengusung tema Asian Games 2018. 

Salah satu warga Desa Sukorejo, Ahmad Agus Fa'ad mengaku senang dapat mengikuti pawai obor bertemakan nusantara ini. "Ya senang, selain bisa berkumpul warga lain. Ini momentum untuk memeriahkan kemerdekaan,"  katanya, Sabtu (18/8/2018) malam. 

Pria yang tercatat sebagai Bacaleg Partai Golkar Gresik Dapil VIII (Bungah, Manyar Sidayu) itu mengungkapkan, pawai obor merupakan salah satu wujud mengenang jasa pahlawan serta mengisi kemerdekaan dengan hal positif. 

Melalui penyalaan obor yang dibawa keliling ke kampung-kampung, juga mengingatkan kelompok masyarakat, bahwa obor adalah wujud semangat yang harus menjadi spirit membangun desa. 

Terpisah, Kades Sukorejo H Muslih memyampaikan, pawai obor merupakan salah satu semangat warga dalam turut serta mengisi kemerdekaan. Sebanyak 1945 obor, Kades menambahkan angka itu merupakan tahun kemerdekaan. 

"Ada 1945 obor dalam pawai obor kali ini. Kami ingin mengenang jasa para pahlawan kami. Melalui obor ini, semangat persatuan dan kesatuan tetap terjaga juga obor sebagai tanda spirit persatuan dalam membangun desa," ujar dia. 

Selain pawai obor budaya nusantara, pemerintah desa Sukorejo juga menggelar kegiatan positif lainnya dalam rangka HUT ke-73 RI, antara lain lomba lingkungan bersih, lomba mewarnai pahlawan serta kreasi seni. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES