Peristiwa Nasional Asian Games 2018

Yamaha FZ1, Kuda Besi Jokowi Saat Pembukaan Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 22:30 | 34.93k
Seorang pria yang berperan sebagai
Seorang pria yang berperan sebagai "Presiden Joko Widodo" mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (FOTO: INASGOC/Dhoni Setiawan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penampilan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menunggangi kuda besi berwarna hitam memukau para penonton saat Pembukaan Asian Games 2018. Kuda besi itu ternyata ialah Yamaha FZ1, yang biasa digunakan oleh Paspampers.

Yamaha FZ1 ini merupakan motor gede (moge) bergaya streetfighter. Yamaha FZ1 ini memiliki mesin empat tak, empat silinder, DOHC lima katup per silinder dengan kapasitas bulat mesin itu mencapai 998 cc.

Memiliki mesin 1000 cc, moge yang ditunggangi Jokowi ini juga sempat digeber-geber dan mengeluarkan suara yang menggelegar. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sekitar 150 daya kuda pada 11.000 rpm.

Untuk torsi, mesin Yamaha FZ1 ini mampu mencapai daya maksimal 106 Nm pada 8.000 rpm. Bahan bakar motor ini disuplai dengan sistem injeksi.

Seperti yang tertulis sebelumnya, Yamaha FZ1 merupakan armada Paspampres yang biasa mengawal konvoi rombongan Presiden. Dalam tugasnya, Paspampres biasa menggunakan moge streetfighter ini mengawal di belakang sisi kanan dan kiri mobil dinas presiden. 

Ada dua Paspampres yang bertugas saat menggunakan motor ini. Satu mengendarai motor, satu lagi memegang senjata untuk melindungi presiden jika ada ancaman.

Dalam video pembukaan Asian Games 2018, Presiden RI Jokowi terlihat menunggangi motor Paspampers. Pada video itu, Jokowi terjebak kemacetan karena pendukung Indonesia berbondong-bondong menuju GBK. 

Ia pun langsung turun dari mobilnya dan menunggangi moge yang biasa digunakan Paspampres untuk mengawalnya menuju tempat pembukaan Asian Games 2018.

Seperti yang diketahui, Perhelatan Asian Games 2018 ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Pembukaan ini berlangsung dengan sangat meriah. 

Siaran langsung upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa disaksikan melalui SCTV pada pukul 19.00 WIB. Sementara live streaming upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa disaksikan melalui situs Vidio.

Setelah ditunjuk Komite Olimpiade Asia (OCA) menjadi tuan rumah pada Juli 2014, Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang secara resmi dibuka malam ini dan diiikuti oleh 45 negara peserta yang akan bersaing di Asian Games 2018(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES