Peristiwa Nasional Asian Games 2018

Susi Susanti Kobarkan Api Kaldron Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 21:51 | 46.41k
Mantan pebulu tangkis nasional Susi Susanti menjadi penyala obor pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (FOTO: INASGOC/Ridhwan Siregar)
Mantan pebulu tangkis nasional Susi Susanti menjadi penyala obor pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). (FOTO: INASGOC/Ridhwan Siregar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mantan Atlet Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti menjadi atlet yang menyalakan api Kaldron Asian Games 2018. Susi Susanti menyalakannya, dengan obor yang secara estafet melewati tangan para legenda olahraga Indonesia. 

Tim Lipsus Asian Games TIMES Indonesia, Abdul Muis, melaporkan, di Upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam WIB, berlangsung sangat megah. Diawali dengan pertunjukan tari,defile, sambutan, dan pembukaan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, acara dilanjutkan dengan berbagai rangkaian segmen.

Rangkain segmen yang diawali dengan segmen air dilanjutkan segmen bumi, angin, dan terakhir api. Saat segmen api inilah kaldron atau obor raksasa Asian Games 2018 dinyalakan.

Obor yang dimulai dengan legenda loncat indah Indonesia Lanny Gumulya masuk ke arena membawa obor, lalu menyerahkannya ke peraih emas Karate di Asian Games 1998, Arief Taufan.

Dari Arief, obor diserahkan ke Yustedjo Tarik sang petenis legendaris. Dari tangan Yustedjo, obor berpindah ke tangah Supriati Sutono yang merupakan mantan atlet lari.

Supriati lantas memberikan lagi obor ke I Gusti Made Oka Sulaksana. Oka Sulaksana menjadi mantan atlet yang membawa obor naik ke 'gunung berapi' yang jadi setting panggung. Gunung ini juga yang bertindak sebagai kaldron Asian Games.

Oka Sulaksana kemudian menyerahkan obor dari tangannya ke Susi, yang jadi pembawa obor terakhir. Peraih medali emas Olimpiade 1992 ini lalu menyalakan kaldron tersebut.

Api Kaldron Asian Games 2019 yang langsung disambut dengan iringan sorakan penonton dan pesta kembang api yang meriah.

Seperti yang diketahui, perhelatan Asian Games 2018 ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Pembukaan ini berlangsung dengan sangat meriah. 

Siaran langsung upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa disaksikan melalui SCTV pada pukul 19.00 WIB. Sementara live streaming upacara pembukaan Asian Games 2018 bisa disaksikan melalui situs Vidio.

Lipsus Asian Games melaporkan, setelah ditunjuk Komite Olimpiade Asia (OCA) menjadi tuan rumah pada Juli 2014, Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang secara resmi dibuka malam ini dan diiikuti oleh 45 negara peserta yang akan bersaing di Asian Games 2018(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES