Peristiwa Daerah Asian Games 2018

Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata di 7 Destinasi Unggulan Selama Asian Games

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 21:26 | 25.84k
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (FOTO: Humas Kemenpar)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (FOTO: Humas Kemenpar)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenteri Pariwisata, Arief Yahya menyambut baik perhelatan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September dengan menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di tujuh destinasi wisata unggulan.

Tujuh destinasi unggulan tersebut yakni Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogayakarta, Banyuwangi, dan Bali. 

Diperkirakan perhelatan olahraga ini akan menyedot 150.000 wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru Asia berkunjung ke Indonesia saat Asian Games 2018 berlangsung.

Hal tersebut diproyeksikan akan dapat meningkatkan sektor pariwisata dengan total pengeluaran dari peserta dan pengunjung mencapai Rp 3,6 triliun.

Asian Games sendiri mendatangkan 10.000 atlet dan 5.000 official dari 45 negara serta disaksikan sekitar dua juta penonton.

“Terdapat 75 paket wisata yang ditawarkan. Kira-kira 20 persen wisman akan membeli bundling tiket antara pariwisata dan olahraga, atau sekitar 30.000 wisman. 80 Persen go show ketika mereka sudah datang ke Indonesia baru membeli paket wisata,” kata Arief Yahya melalui pesan tertulis yang diterima TIMES Indonesia(18/7/2018).

Arief menjelaskan, berbagai paket wisata telah dipromosikan oleh kementeriannya sejak tahun 2017.

Menurut dia, jumlah penonton terbesar berasal dari negara China, Singapura dan Malaysia.

“Paket wisata ini sudah disiapkan dan dipromosikan sejak setahun lalu. Pembeli paket wisata itu tentunya tergantung penonton yang datang. Event-nya sendiri akan banyak menyedot penonton saat final sepak bola. Penggemar sepak bola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” Jelas Arief Yahya.

Selain paket wisata yang ditawarkan kepada wisman, Kemenpar juga telah menyiapkan upaya branding Wonderful Indonesia selama Asian Games. 

“Saya mau selama Asian Games semua bus yang ada logo Wonderful Indonesia, ada atau tidak ada penumpang tetap keliling kota. Ada 5 ribu kamera yang paling penting,” tegasnya.

Untuk memeriahkan Asian Games, Kemenpar juga menggandeng aktor dan penulis buku yang memiliki pengaruh di media sosial seperti Raditya Dika yang memiliki lebih dari 9 juta follower di Instagram dan lebih dari 4 juta subscriber di Youtube.

Diharapkan dengan menggandeng Raditya, Promosi Asian Games 2018 di media sosial akan semakin gencar dan Asian Games 2018 semakin sukses. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES