Peristiwa Daerah

Pawai Kemerdekaan Anak-Anak ala Militan Isis Viral di Medsos

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 14:32 | 65.01k
Pawai ala militan yang viral di medsos. (FOTO: Istimewa)
Pawai ala militan yang viral di medsos. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOPawai Kemerdekaan anak - anak usia dini di Probolinggo Jawa Timur, mendadak viral di medsos. Pasalnya, salah satu peserta mengambil tema militan Isis. Lengkap dengan jubah hitam, cadar, dan replika senjata laras panjang.

Pawai yang seharusnya bertemakan kemerdekaan dan kebhinekaan itupun, seolah olah menjadi lambang kekerasan dan terorisme.

Pawai tersebut dilakukan pada Sabtu (18/8/2018) di jalan Panglima Sudirman atau depan pemkot Probolinggo. Salah satu TK menampilkan pakaian hitam bercadar dan membawa replika senjata laras panjang.

Sontak hal ini viral di media sosial, beberapa akun facebook juga melakukan protes. Warganet pun ramai- ramai mengomentari. Bahkan organisasi kepemudaan juga ikut protes. Seperti GMNI, IPNU, GP Anshor dan Gusdurian Probolinggo.

Pimpinan GMNI Probolinggo, Yada Arianto mengaku kaget dan kecewa . Menurutnya pawai kemerdekaan seharusnya menampilkan lambang perjuangan rakyat Indonesia kok pakai budaya luar.

"Kami kecewa terus terang saja, tidak selaras dengan tema pawai kemerdekaan dengan anak anak juga memegang senjata", tegas Lukman. Ia berharap ada tindakan tegas dari pihak terkait.

Dikonfirmasi via seluler, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Muhammad Maskur mengakui hal itu dan sudah memanggil kepsek TK yang tersebut. 

"Benar karena banyak laporan dari masyarakat, kami sudah memanggil kepsek yang bersangkutan. Beliau menjelaskan bahwa penampilan seperti untuk hiburan dan tidak ada maksud negatif," kata Maskur.

Bahkan, lanjut Maskur kepsek sampai bersumpah sumpah untuk tak mengulangi aksi serupa. Namun pihaknya akan memanggil lagi kepsek, guru TK tersebut untuk menjelaskan secara detail.

"Besok kami akan panggil lagi, sekolah yang bersangkutan sama guru-gurunya," katanya.

Ia berharap pawai kemerdekaan yang menampilkan anak-anak ala militan Isis tidak terulang kembali. Sebagai informasi, pawai kemerdekaan tersebut diikuti 158 lembaga pendidikan TK, RA, se Kota Probolinggo. Mereka pawai dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES