Peristiwa Daerah

HUT ke-73 RI, Ratusan Nelayan Desa Campurejo Lakukan Kirab Perahu Hias

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 10:44 | 90.28k
Perahu hias nelayan saat kirab ke tengah laut (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)
Perahu hias nelayan saat kirab ke tengah laut (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 RI, ratusan perahu hias milik nelayan Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (18/8/2018) siang diberangkatkan untuk kirab kemerdekaan ke tengah laut perairan Gresik utara.

Bukan perahu biasa, para nelayan menghias perahu mereka dengan pernak-pernik merah-putih sejak beberapa hari yang lalu. Tak ketinggalan, bendera merah putih dikibarkan di setiap perahu.

Perahu-hias-nelayan-a.jpg

Sebelum kirab berlangsung, para nelayan melakukan doa bersama yang dipimpin tokoh agama setempat. Setelah doa, ratusan tumpeng juga dibawa ke perahu lalu di makan bersama di tengah laut.

Perahu hias tersebut menjadi perhatian warga sekitar. Ribuan warga sejak pagi berkumpul di Dermaga Pantai Campurejo. Beberapa perahu unik menjadi perhatian mereka untuk dijadikan obyek swafoto. 

Bahkan tak sedikit warga menyewa perahu nelayan untuk ikut melihat kirab perahu hias ke tengah laut. "Ya, penasaran aja. Perahunya bagus-bagus. Serba merah putih," kata Muafiyah (37) warga sekitar yang turut mengikuti kirab perahu.

Perahu-hias-nelayan-b.jpg

Terpisah, kepala pangkalan pendaratan ikan (PPI) di Desa Campurejo, Rofiq menjelaskan, kegiatan perahu hias itu dilaksanakan nelayan sebagai bentuk rasa syukur serta memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 RI.

"Ini acara tahunan yang digelar nelayan. Sementara mereka tidak melaut, namun kirab dengan menghias perahu itu diikuti oleh 208 perahu," ujarnya. 

Dia membeberkan, kirab perahu hias ini sebagai bentuk kerukunan antar nelayan Desa Campurejo.

Momentum HUT Kemerdekaan ke-73 RI, kata Rofiq, juga merupakan wujud mempersatukan semua elemen masyarakat, nelayan dan pemdes serta pemerintah. "Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan berkesinambungan. Sebab kirab perahu hias ini bisa menjadi momentum untuk saling mewujudkan kerukunan antar nelayan Desa Campurejo," pungkas Rofiq mengakhiri. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES