Kesehatan

Tiga Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 04:18 | 150.44k
Ilustrasi - Kembang Kol dipercaya bisa meningkatkan  kesehatan Jantung (FOTO: Istockphoto/Zinkevych)
Ilustrasi - Kembang Kol dipercaya bisa meningkatkan kesehatan Jantung (FOTO: Istockphoto/Zinkevych)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kembang kol kaya vitamin dan mineral yang tak kalah dengan sayuran hijau lainnya. Apa saja manfaat kembang kol untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Orang yang jarang makan kembang kol ditemukan lebih berisiko terkena kanker daripada orang yang lebih sering makan kembang kol, seperti yang disebutkan oleh National Cancer Institute. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa sulforaphane dan indoles pada kembang kol yang disebut-sebut sebagai zat anti-kanker.

Selain itu, kembang kol juga mengandung dua senyawa antioksidan bernama glukosinolat dan isotiosianat. Dua jenis antioksidan ini terbukti ampuh menghambat pembelahan sel tumor agar tidak berkembang menjadi sel kanker. Menurut penelitian, kembang kol dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat, kanker paru, kanker perut, kanker usus besar, dan kanker payudara.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oxidative Medicine and Cellular Longevity tahun 2015, sulforaphane memiliki sifat antiradang yang dapat membantu melindungi tubuh dari hipertensi, ateroskelosis, stroke, dan penyakit jantung.

Kandungan sulforaphane pada kembang kol berperan untuk menguatkan pembuluh darah sekaligus membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah dapat dikendalikan dengan baik, ini artinya jantung Anda tak perlu bekerja dengan keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Semakin kuat pembuluh darah ditambah dengan aliran darah yang lancar, semakin mudah pula bagi Anda untuk terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk makan kembang kol lebih banyak dan sering. Pasalnya, salah satu manfaat kembang kol dapat membantu melancarkan pencernaan sekaligus mencegah segala gangguan pada pencernaan, seperti sembelit, divertikulitis (peradangan divertikulum, kantung di usus besar), dan penyakit radang usus (IBD).

Kembang kol mengandung 3 gram serat yang dapat memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Makanan kaya serat ini dapat membantu mendorong feses melewati sistem pencernaan dengan lebih mudah. Tak hanya membuat pencernaan jadi lebih lancar, hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan usus besar Anda.

Untuk mendapatkan manfaat kembang kol, Anda bisa mengolahnya menjadi sop, cap cay, atau hanya sekedar di rebus. Selain kembang kol, Anda juga harus mengonsumsi bahan makan lainnya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES