Olahraga 73 Indonesia Berprestasi

Fakhri Husaini, dari Pupuk Kaltim untuk Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2018 - 08:02 | 80.19k
Fakhri Husaini, Pelatih Timnas U-16 yang juga karyawan PT Pupuk Kaltim, memamerkan Piala AFF U-16 2018 yang diraih tim besutannya belum lama ini. (FOTO: Humas PKT For Times Indonesia)
Fakhri Husaini, Pelatih Timnas U-16 yang juga karyawan PT Pupuk Kaltim, memamerkan Piala AFF U-16 2018 yang diraih tim besutannya belum lama ini. (FOTO: Humas PKT For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Kemenangan Garuda Asia atas Thailand 4-3 (1-1) melalui drama adu penalti pada laga final Piala AFF U-16 di Stadion Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) lalu, masih jadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia. Bahkan di Kalimantan Timur, khususnya Bontang. 

Selain karena prestasi membanggakan bagi sepakbola Nasional, tokoh kunci dibalik kemenangan itu juga sosok yang tak asing bagi warga Bumi Etam.

Fakhri-Husaini-3.jpg

Dialah Fakhri Husaini, pelatih utama Timnas U-16, yang malang melintang di dunia kulit bundar sejak puluhan tahun silam. Ia dikenal sebagai nyawa di Persatuan Sepakbola (PS) Bontang PKT, satu-satunya klub Kalimantan yang berhasil meraih runner up Liga Indonesia. Kasta tertinggi sepakbola Indonesia hingga hari ini.

Dibalik prestasi membanggakan itu, kedekatan Fakhri dengan warga Bontang juga bukan tanpa sebab. Ia merupakan karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), salah satu anak usaha BUMN Pupuk Indonesia (Persero), dan kini aktif sebagai Superintendent Bina Wilayah Departemen CSR Pupuk Kaltim. 

Mengawali karir sejak 31 Juli 1998 sebagai staff Kepala Biro Personalia, pria asal Lhokseumawe Aceh ini pun dikenal tegas dan bertanggung jawab. Meski kecintaan pada sepakbola begitu tinggi, namun posisinya sebagai karyawan perusahaan tak pernah abai ia laksanakan. 

Fakhri juga dikenal lugas, dan selalu optimis menatap masa depan. Hal itu dibuktikan melalui sederet prestasi, baik dalam sepakbola maupun pengabdian di perusahaan. Sebut saja Akademi Diklat Mandau. Fakhri berperan besar memajukan akademi sepakbola yang merupakan bagian PS Bontang PKT. 

Sejumlah nama besar lahir dari Diklat Mandau, seperti Bima Sakti dan Ponaryo Astaman. Juga penjaga gawang Sumardi, Yudi Kuncahyo dan para pemain andalan Tim Nasional Indonesia pada masanya. 

Pada 2001, Fakhri akhirnya memutuskan pensiun sebagai pemain dan fokus kepada statusnya sebagai karyawan Pupuk Kaltim. Namun, ia tetap tak bisa jauh dari sepak bola. 

Setelah meraih sertifikat C-1, Fakhri tetap aktif sebagai asisten pelatih PS Bontang PKT, hingga pelatih utama setelah beralih nama menjadi kesebelasan Bontang FC. Dedikasi Fakhri di Pupuk Kaltim juga baik, mengantarkan dia pada posisi Kepala Bagian Hubungan Internal Departemen Humas Pupuk Kaltim tahun 2014. Kemudian ia dipercaya menjadi Staff Madya III Sekretaris Perusahaan, terhitung 30 September 2015. 

Baru satu tahun di posisinya, lulusan Ilmu Hukum Universitas Trunajaya itu menerima mandat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), untuk melatih Timnas U-19. Namun tak berselang lama, Fakhri kembali ke Pupuk Kaltim, pasca kisruh internal pengurus PSSI tahun 2016. Dan posisinya sebagai pelatih kala itu tanpa kejelasan.

Sejak saat itu, Pupuk Kaltim memberi kepercayaan suami Novita Tri Hastuti ini sebagai Superintendent Bina Wilayah Departemen CSR. Ia pun kembali berinteraksi dengan masyarakat Bontang dan Kalimantan Timur, melalui berbagai program serta kegiatan CSR dan CSV perusahaan. 

Besarnya peranan Fakhri terhadap perkembangan sepakbola di Kota Bontang, pun membuat masyarakat memiliki kebanggaan tersendiri kepada ayah 3 anak ini. Begitu pula dengan Pupuk Kaltim, perusahaan memberikan ruang bagi Fakhri saat dipanggil melatih Timnas U-16 beberapa waktu lalu. Ia mendapat dispensasi khusus, dan dukungan penuh Direksi serta manajemen perusahaan, selama dibutuhkan Negara untuk mempersiapkan Timnas U-16 menghadapi kejuaraan.

Fakhri-Husaini-2.jpg

Sekretaris Perusahaan (Sekper) Pupuk Kaltim, Budi Wahju Soesilo menjelaskan, dispensasi diberikan perusahaan karena Fakhri tengah menjalankan tugas negara. Dan perusahaan memiliki aturan khusus terkait kompensasi tersebut. 

Pupuk Kaltim sebagai BUMN juga memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan nama baik negara, seperti olahraga dan pendidikan.

"Atas dasar itu, Pupuk Kaltim memberikan dispensasi khusus kepada Fakhri Husaini untuk bisa fokus menjalankan tugasnya selama melatih Timnas U-16," ujar Soesilo, saat ditemui di kantornya, Rabu(15/8/2018).

Keberhasilan Timnas U-16 pada Piala AFF 2018, juga menjadi kebanggaan tersendiri Pupuk Kaltim. Karena secara tidak langsung, menunjukkan kontribusi perusahaan melalui dedikasi Fakhri Husaini untuk kemajuan sepakbola Indonesia. 

Capaian timnas U-16 pun dinilai Soesilo sangat luar biasa, yang mencatatkan diri sebagai tim tak terkalahkan dan mencetak gol terbanyak selama AFF berlangsung, yakni 22 gol. 

Dirinya berharap kemenangan timnas U-16 dapat meningkatkan optimisme masyarakat akan kemajuan sepakbola Nasional, agar terus berprestasi di kancah Internasional. 

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus mendukung setiap program yang berkaitan dengan nama baik Perusahaan dan Negara. Hal ini sebagai wujud kontribusi Pupuk Kaltim sebagai salah satu BUMN di Indonesia," papar Soesilo.

Sementara itu Fakhri Husaini, saat dihubungi mengatakan akan segera kembali beraktivitas di Pupuk Kaltim dalam waktu dekat. Saat ini ia masih menjalani masa istirahat bersama tim dan keluarga, setelah rangkaian perjuangan selama Piala AFF berlangsung.

"Saya istirahat dulu sebentar, dalam waktu dekat akan kembali ke kantor (Pupuk Kaltim)," ucap Fakhri.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, atas dukungan penuh yang diberikan. Hingga ia mampu membawa Garuda Asia mencapai kemenangan dengan prestasi yang gemilang. 

"Keberhasilan ini tak akan bisa dicapai tanpa dukungan Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, yang telah mendukung penuh dan memberi saya izin untuk menjalankan tugas negara melatih tim Garuda Asia," tutur Fakhri Husaini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES