Kesehatan

Atasi Masalah Ketombe dengan Jahe, Ini Lho Caranya

Jumat, 17 Agustus 2018 - 05:01 | 36.75k
ILUSTRASI. (FOTO: Fique Diva)
ILUSTRASI. (FOTO: Fique Diva)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan adalah ketombe. Tak hanya menyebabkan gatal, ketombe bisa memicu masalah rambut lainnya, seperti peradangan kulit kepala hingga rambut rontok. Karena itu, mengatasi ketombe secepatnya adalah yang harus dilakukan.

Selain menggunakan shampo, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasinya. Salah satunya adalah jahe.

Kandungan antiseptik pada jahe bisa membantu mengatasi masalah ketombe secara efektif dengan membasmi infeksi dan jamur pada kulit kepala.

Salah satu penyebab utama ketombe adalah ketidakseimbangan pH. Dalam hal ini, jahe bisa membantu menyeimbangkan pH pada kulit kepala yang juga membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Anda bisa mencampur jahe dengan bahan alami lainnya untuk mengatasi ketombe. Dilansir dari Boldsky, berikut kombinasi jahe dan bahan alami lainnya untuk mengatasi ketombe.

1. Jahe dan minyak zaitun

Campurkan sekitar satu sendok makan parutan jahe dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat lembut sekitar 5 menit dengan gerakan memutar.

Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air biasa. Gunakan sampo untuk membersihkan rambut. Lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Jahe dan lemon

Campurkan jahe yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes perasan lemon. Campurkan hingga rata sebelum mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Jahe dan air mawar

Campurkan jus jahe dan air mawar dengan jumlah yang sama, kemudian tambahkan air. Gunakan campuran ini untuk membilas rambutmu. Lakukan perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

4. Jahe dan bawang

Potong jahe dan masukkan ke dalam blender. Kemudian, potong bawang ukuran sedang menjadi bagian kecil lalu masukkan ke dalam blender. Campurkan dua bahan tersebut hingga membentuk pasta.

Aplikasikan pasta tersebut ke kulit kepala dan rambut kemudian biarkan selama 30-40 menit. Bilas menggunakan air hangat. Sebagai opsi, kamu juga bisa menggunakan bawang putih.

5.Jahe dan cuka apel

Campurkan bubuk jahe dengan sedikit cuka apel kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo. Perawatan ini akan secara efektif menghilangkan ketombe jika kamu melakukannya rutin setidaknya seminggu sekali.

Ketombe bisa mengganggu keindahan rambut Anda. Segera atasi dengan bahan alami di atas agar masalah rambut ini tidak mengganggu Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES