Gaya Hidup

Sering Kerja Malam, Ini Tipsnya Agar Tetap Sehat

Jumat, 17 Agustus 2018 - 02:28 | 80.77k
ILUSTRASI. (FOTO: Insan Medika)
ILUSTRASI. (FOTO: Insan Medika)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKerja malam hari dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti peningkatan risiko masalah metabolisme, penyakit jantung, gangguan pencernaan, obesitas, hingga kanker. Namun, Anda tetap bisa menjaga kesehatan tubuh selama kerja shift malam dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menjalani kerja shift malam. Dilansir dari Hello Sehat, menerapkan beberapa strategi berikut ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kesehatan atau mental ketika kerja shift malam dan memastikan Anda tetap cukup tidur.

1. Mengatur Pola Tidur

Tidur-Sofa-SleepSugar.jpg

Kerja shift malam membuat Anda harus tetap terjaga di malam hari. Padahal di malam hari, tubuh melepaskan hormon melatonin, yang membuat Anda mengantuk dan kurang waspada.

Orang dewasa biasanya perlu tidur 7-9 jam setiap malam. Kurang dari itu, Anda akan mengalami “utang tidur.” Satu-satunya cara untuk membayar kembali utang tidur adalah untuk mengejar tidur yang Anda lewatkan, dan ini harus dilakukan sesegera mungkin.

2. Mengatur Pola Makan Sehat

makan-saidaonlinecomxJ7pa.jpg

Seseorang yang kerja shift malam cenderung mengalami sindrom metabolik dan mengalami peningkatan risiko obesitas karena pola makan yang buruk dan gangguan jam biologis tubuh.

Merencanakan pola makan dapat membantu Anda tetap sehat selama kerja shift malam dan lebih rileks ketika Anda perlu tidur.

3. Tidur Siang

tidur-siang.jpg

Tidur siang termasuk hal yang penting dilakukan untuk kerja shift malam. Sementara tidur sebentar sebelum Anda memulai jam kerja dapat membantu mengatasi kelelahan. Waktu istirahat selama bekerja penting dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh Anda.

Tidur siang telah terbukti meningkatkan dan memulihkan kekuatan otak. Tidur setidaknya selama 45 menit saat istirahat dari pekerjaan akan buat Anda menjadi lebih segar. Bahkan tidur siang selama 20-45 menit juga telah terbukti bermanfaat bagi pekerja shift untuk menghilangkan rasa lelah.

4. Atur Jadwal Shift Anda

mengatur-waktu.jpg

Mungkin di beberapa tempat kerja, jadwal shift sudah ditentukan dari pihak perusahaan. Namun, beberapa lainnya mungkin bisa Anda tentukan sendiri.

Jika Anda bisa menentukan jadwal shift kerja Anda. Cobalah untuk tidak bekerja shift malam dalam waktu yang berturut-turut. Anda mungkin menjadi semakin kurang tidur selama beberapa malam di tempat kerja. Anda lebih mungkin untuk pulih jika Anda dapat membatasi shift malam dan menjadwalkan hari libur di antaranya.

5. Batasi Konsumsi Kopi

minum-kopi.jpg

Kafein adalah stimulan. Kebanyakan orang minum kopi untuk memulai hari kerjanya. Ketika Anda mengonsumsi kopi sesuai dengan dosis harian atau tidak berlebihan, ini akan membantu Anda tetap terjaga selama kerja shift malam.

Namun, jika Anda mengonsumsi kafein atau kopi dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kejang otot. Konsumsi kopi harus dihentikan sekitar 6 jam sebelum tidur untuk memastikan bahwa stimulan tidak memengaruhi tidur Anda.

Itulah lima tips bagi Anda yang shift atau kerja malam. Tetap jaga kesehatan tubuh meski Anda sedang sibuk kerja, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES