Wisata 73 Indonesia Berprestasi

Momen Kemerdekaan, Jalur Semeru Full Booked

Kamis, 16 Agustus 2018 - 12:44 | 34.92k
Pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Cemoro lawang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Happy L./TIMES Indonesia)
Pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Cemoro lawang, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (FOTO: Happy L./TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Antusiasme para pendaki gunung dan pecinta alam, untuk merayakan momen kemerdekaan RI di puncak Gunung Semeru sangat tinggi. Ini bisa dilihat dari ramainya pemintaan izin untuk naik ke gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Berdasarakan data dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), pada momen kemerdekaan kali ini, jalur semeru full booked.

Di jalur menuju gunung setinggi 3.676 Mdpl itu, biasanya peringatan kemerdekaan diadakan di Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Semeru dan kawasan Bromo.

Jalur-Semeru-2.jpg

Kepada TIMES Indonesia, Kepala Bidang Tekhnis Bromo Tengger Semeru, Pujiati mengatakan, sejak tanggal 14 hingga 19 Agustus 2018, kuota pendakian semeru sudah penuh. Yakni sebanyak 600 orang. Untuk pendaftaran pendakian sendiri, sudah dilakukan secara online.

“Kuota tersebut, sudah berdasarkan perhitungan kami, terkait dengan daya dukung pendakian itu sendiri,” ujarnya, Kamis (16/8/2018).

Kepada para pendaki Semeru, maupun pengunjung di kawasan Bromo, Puji berpesan agar senantiasa menjaga keselamatan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau pada para pendaki untuk membawa turun kembali sampah yang dihasilkan selama pendakian.

Jalur-Semeru-3.jpg

“Jadi intinya pendakian semeru itu bisa zero accident dan tetap bersih dari sampah,” imbuhnya, ditemui di laut pasir Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.

Peningkatan tak hanya terjadi di jalur menuju Gunung Semeru. Di kawasan Bromo, Kabupaten Probolinggo pun, terjadi lonjakan pengunjung hingga 50 persen dari biasanya. Lonjakan pengunjung masih didominasi oleh wisatawan lokal. “Tapi dari wisatawan mancanegara juga terjadi peningkatan kunjungan. Walaupun tak sebesar wisatawan lokal,” kata Kasi Wilayah I TNBTS, Sarmin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES