Kesehatan

Awas! Makan Buah di Waktu Ini Bisa Berakibat Buruk pada Tubuh

Kamis, 16 Agustus 2018 - 06:16 | 40.62k
ILUSTRASI - Makan buah sebelum tidur (FOTO: thinkstockphotos.com)
ILUSTRASI - Makan buah sebelum tidur (FOTO: thinkstockphotos.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain memenuhi kebutuhan sayur kita juga perlu memperhatikan konsumsi buah. Buah merupakan sumber nutrisi, antioksidan, dan flavonoid yang baik untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menyediakan mineral seperti natrium, serta kalium untuk tubuh. Namun jangan asal makan buah. Ternyata ada lho aturan makan buah yang bisa kita terapkan.

Makan buah pada saat yang salah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa makan buah pada waktu tertentu dalam sehari dapat menimbulkan efek positif dan negatif bagi tubuh.

Dilansir dari Boldsky, berikut waktu yang harus dihindari untuk mengonsumsi buah.

1. Sebelum dan Sesudah Makan

Kalau Anda termasuk orang yang mengonsumsi buah sesaat sebelum makan atau langsung setelah makan, maka harus segera menghentikannya. Mengonsumsi buah setelah makan tidak akan membantu tubuh dalam menyerap semua nutrisi penting.Tapi berbeda kasus untuk pasien diabetes. Harus ada jeda satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

2. Sebelum Tidur

Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi buah sebelum tidur adalah waktu yang paling buruk sebab akan meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Hal ini juga dapat mengganggu tidur.

3. Makan Buah Bersama Makanan Lain

Sebaiknya jangan mengonsumsi buah dan makanan lain dalam waktu yang bersamaan karena akan memperlambat proses pencernaan. Jika Anda mengonsumsi buah dengan makanan lain, maka buah akan lebih lama mengendap di tubuh dan mulai berfermentasi. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau masalah pencernaan lainnya.

Meski makan buah memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap memperhatikan aturan makan buah. Makan buah di waktu yang salah bisa menimbulkan efek negatif untuk tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES